Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Manfaatkan Kunjungan Dubes Indonesia di Rusia untuk Buka Akses Beasiswa Mahasiswa

Penulis : Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

06 - Jul - 2017, 10:39

Rencana kedatangan dubes Indonesia untuk Rusia tanggal 17 Juli mendatang akan juga dipergunakan sebagai ruang dialog bagi dunia pendidikan di Malang, terutama mengenai akses beasiswa mahasiswa S1 dan S2. (Nana)
Rencana kedatangan dubes Indonesia untuk Rusia tanggal 17 Juli mendatang akan juga dipergunakan sebagai ruang dialog bagi dunia pendidikan di Malang, terutama mengenai akses beasiswa mahasiswa S1 dan S2. (Nana)

MALANGTIMES -  Undangan dari Rusia kepada Pemerintah Kabupaten Malang untuk kembali  mengikuti pameran di Moskow 5 Agustus 2017 nanti dimanfaatkan secara lebih luas ruang dan eksesnya.

Tahun 2016, pameran yang melibatkan Pemerintahan Kabupaten Malang masih fokus pada perdagangan produk lokal pertanian. Yaitu kopi Dampit dan sedikit produk home industry serta promosi dunia pariwisata.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Kini, kesempatan kedua akan ditawarkan juga potensi-potensi lain yang ada di Kabupaten Malang. Selain tetap mengandalkan hasil pertanian, perikanan, home industry, dan pariwisata, juga nantinya akan disampaikan masalah kerja sama dalam dunia pendidikan.

"Di Rusia ada program beasiswa untuk mahasiswa S1 dan S2. Ini peluang bagus untuk kita ambil," kata Tomie Herawanto, kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Kamis (06/07) kepada Malang TIMES.

Menurut Tomie, peluang menimba ilmu di negara terluas di dunia -kurang lebih 17.125.200 km2- itu sangat pontensial bagi warga Malang. Sebab, Rusia memiliki universitas negeri lebih dari 40 (data tahun 1994), disertai 80 universitas khusus (teknik, medis, keguruan, pertanian) , serta lebih dari 30 universitas swasta.

Dengan kondisi tersebut, Bappeda Kabupaten Malang akan menyodorkan opsi mengenai pelibatan para rektor perguruan tinggi (PT) yang ada di Malang untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. "Kami akan undang para rektor untuk berdialog juga nanti dengan dubes saat berada di Kabupaten Malang," ujar Tomie kepada media online berjejaring terbesar di Indonesia yang juga aktif dalam proses lahirnya hubungan Rusia dan Kabupaten Malang ini.

Dia juga menyampaikan pendidikan unggulan di Rusia, semisal mengenai nuklir dalam konteks konstruktifnya atau mengenai transportasi masal . Itu bisa dijadikan alternatif pilihan bagi mahasiswa S1 dan S2 yang tertarik mengembangkan ilmu tersebut di negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin tersebut.

Setiap peluang pengembangan kerja sama antara Rusia dan Kabupaten Malang khususnya nanti tidak berhenti di perdagangan saja. Tapi bisa diperluas dengan adanya opsi pelibatan rektor PT dalam dialog pendidikan dengan dubes yang direncanakan datang 17 Juli 2017 mendatang.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Pelibatan rektor ini juga nantinya, masih menurut Tomie, tidak terbatas pada PT negeri, tetapi juga swasta. "Kita perluas saja keterlibatan rektor yang ada di Malang ini. Konsep ini juga karena dubes direncanakan juga akan berkunjung ke salah satu PT di Malang nantinya," ungkap dia.

Dari informasi awal, agenda dubes Indonesia untuk Rusia yang akan datang ke Kabupaten Malang pada hari pertama adalah pertemuan dengan Bupati Malang Dr H Rendra Kresna serta elemen lainnya untuk membahas dan menyampaikan berbagai opsi yang akan terus dimatangkan sehingga menjadi bentuk yang akan dibawa ke Rusia nantinya.

Untuk hari kedua, dubes akan melihat secara langsung ke lokasi potensi-potensi yang ditawarkan oleh Pemerintahan Kabupaten Malang. "Peninjauan dubes salah satunya direncanakan ke PT," pungkas Tomie. (*)


Topik

Peristiwa dubes-Indonesia-untuk-Rusia Beasiswa-Mahasiswa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Lazuardi Firdaus