Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Menteri Perdagangan Apresiasi Bupati Malang Mampu Kendalikan Harga Komoditas di Pasar

Penulis : Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

30 - Jun - 2017, 15:42

Mendag RI, Drs Enggartiasto Lukita (kemeja putih) dan Bupati Malang saat berdialog dengan pedagang di Pasar Besar Kepanjen, Jumat (30/06) (Nana)
Mendag RI, Drs Enggartiasto Lukita (kemeja putih) dan Bupati Malang saat berdialog dengan pedagang di Pasar Besar Kepanjen, Jumat (30/06) (Nana)

MALANGTIMES - Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita, memberikan apresiasi tinggi terhadap kiprah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang dikomandani Dr H Rendra Kresna dalam menjaga dan mengendalikan harga berbagai komoditas di pasar.

Baca Juga : Menghilang, Satu Pendaki Gunung Panderman Ditemukan Tewas, Saksi Sebut Seperti Kesurupan

Mendag menyatakan, peran pemerintah daerah dalam menstabilkan harga komoditas di pasaran merupakan instrumen terpenting dalam menjaga ketahanan pangan sekaligus memberikan keadilan bagi masyarakat, baik petani, peternak, pedagang maupun pihak-pihak di dalam rantai perdagangan. "Ujung tombak dalam hal ini adalah pemerintah daerah. Terjadi tidaknya inflasi dan deflasi itu ada di tangan bupati atau wali kota," ujar Enggartiasto setelah menyelesaikan blusukannya bersama Bupati Malang Dr H Rendra Kresna di Pasar Besar Kepanjen, Jumat (30/06).

Enggartiasto yang merupakan mendag ke-35 ini menyampaikan juga bahwa harga komoditas di berbagai pasar besar Kabupaten Malang tidak mengalami gejolak dan lonjakan tinggi seperti umumnya setelah Lebaran. Padahal, biasanya setelah H-3 sampai H+7, berbagai harga komoditas cenderung mengalami kenaikan. "Ini karena pedagang masih sepi dan tidak berjualan. Tapi di sini hal tersebut tidak terjadi. Malah terjadi penurunan seperti yang disampaikan beberapa pedagang tadi," ujar mantan anggota DPR RI dari Partai Golongan Karya (1997-1999 dan 2004-2009) yang sejak  tahun 2013 masuk di Partai NasDem itu. 

Tren positif terkendalinya harga berbagai komoditas di wilayah Kabupaten Malang ini tidak lepas dari kiprah Bupati Malang Rendra Kresna yang secara intens mengendalikan harga dan mempersiapkan pasokan komoditas utama masyarakat sejak H-7 sampai saat berita ini diturunkan. Koordinasi intens yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang dengan pusat melalui Kemendag RI pun terus berlanjut dalam mempersiapkan pasokan tersebut.

"Jadi, saat pasokan mengalami kekurangan, beliau langsung berkoordinasi dengan kami. Hasilnya di sini tidak terjadi kelangkaan dan habisnya komoditas utama yang dibutuhkan masyarakat," ucap Enggartiasto yang juga mengucapkan terima kasihnya kepada bupati Malang.

Baca Juga : Bantuan Dana Dampak Covid-19 Bagi Sopir di Kabupaten Malang Segera Cair

Pengendalian harga komoditas ini pun tidak membuat pedagang, petani, peternak mengalami kerugian. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan dari pusat, provinsi dan daerah yang melakukan 'intervensi positif' dalam menjaga keuntungan wajar bagi setiap pelaku pasar dan pemasok komoditas utama, baik beras, daging maupun sayuran.

Enggartiasto mencontohkan, bagi petani bawang, dengan harga di pasaran sekitar Rp 25 ribu sampai dengan Rp 30 ribu untuk bawang merah, pemerintah memastikan komoditasnya laku dijual Rp 15 ribu di pasaran. "Jadi, petani juga tidak dirugikan. Kalau mereka dirugikan, yang repot kita semua saat mereka tidak lagi mau menanamnya," ungkap Enggartiasto kepada Malang TIMES, media online berjejaring terbesar di Indonesia.

Dia juga melanjutkan apabila kebijakan tersebut tidak berjalan di pasar, maka pemerintah akan memerintahkan Bulog untuk membelinya seharga tersebut dari petani. (*)


Topik

Peristiwa Menteri-Perdagangan-RI Bupati-Malang Rendra-Kresna Harga-Komoditas-di-Pasar


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Lazuardi Firdaus