Yuk, Kita Kenali Alat Tangkap Ikan Tuna Sendangbiru Kabupaten Malang

Ilustrasi memancing ikan tuna dan sejenisnya secara ramah lingkungan (Foto : Istimewa)
Ilustrasi memancing ikan tuna dan sejenisnya secara ramah lingkungan (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Ikan tuna hasil tangkapan nelayan di Sendangbiru Sumbermanjing Wetan menjadi primadona bagi para pecinta kuliner bahari di berbagai kota dan manca negara.

Hal ini di pengaruhi mulai maraknya masyarakat yang sadar untuk menyantap makanan laut yang berasal dari hasil tangkapan atau budidaya yang ramah lingkungan, seperti ikan tuna hasil tangkapan nelayan melalui teknik handline (pancing ulur).

Teknik handline nelayan Sendangbiru merupakan yang terbaik di Indonesia dalam menangkap berbagai ikan tuna yang membuatnya menjadi daerah penghasil terbesar ikan tuna di Jawa Timur.

Hal ini disampaikan oleh World Wide Funds WWF- Indonesia yang bergerak pada bidang penangkapan ikan tuna berkelanjutan. WWF-Indonesia mengatakan bahwa nelayan Sendangbiru telah cukup berhasil menerapkan praktik perikanan di Sendang Biru tetap ramah lingkungan yang diperkuat dengan kepatuhan nelayan pada peraturan yang ada agar harmonisasi ekologi dapat tercipta.

Alat pancing ulur yang dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat nelayan Sendangbiru, menurut Rusdy, cukuplah banyak ragamnya.

"Kalau ragamnya banyak, mas. Tapi yang biasa dipakai nelayan di sini ada beberapa,"katanya kepada Malang TIMES, Minggu (18/05) melalui telepon genggamnya.

Delapan pancing ikan tuna menurut Rusdi, adalah Pancing Rinta yang digunakan malam hari dengan menggunakan lampu, digerakkan naik turun untuk mendapatkan ikan baby tuna dan Ikan Terbang.

Sedangkan untuk pagi harinya adalah Pancing Tabir untuk menangkap baby tuna, cakalang, tongkol dan ikan kecil.

Ada pula Pasesek Pagi, yang digunakan oleh nelayan  untuk menangkap baby tuna, cakalang, tongkol dan ikan kecil yang akan digunakan sebagai umpan ikan hidup dalam menangkap tuna besar.

"Sedang untuk menangkap tuna besar seperti Yellowfin Tuna dan ikan marlin, nelayan biasa memakai Pasesek Blereng," terang Rusdy yang melanjutkan ada juga Batuan Pegang, digunakan untuk menangkap ikan besar seperti Yellowfin Tuna  atau pun Albacor beserta ikan marlin dan Batuan Tomba untuk menangkap ikan besar seperti Yellowfin Tuna  ataupun Albacor beserta ikan marlin, namun tetap dapat menangkap ikan kecil.

"Beberapa jenis dan bahan pancing tersebut memiliki spesifikasi dan cara penggunaan yang berbeda,"pungkas Rusdy.

Editor :
Publisher : Angga .
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top