Pembobolan Toko Emas di PTD Bisa Pengaruhi Perpindahan Pedagang

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto( Doc MalangTIMES)
Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto( Doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pembobolan Toko Emas Barokah di Blok A Pasar Terpadu Dinoyo (PTD) Kamis 15 Juni 2017 lalu membuat Dinas Perdagangan (Disdag) Pemkot Malang berang. Disdag akan segera mengirimkan surat teguran tertulis kepada investor PTD.

Kepala Disdag Kota Malang Wahyu Setianto menegaskan pihaknya segera melayangkan teguran kepada investor PTD. Alasannya, investor PTD kurang memperhatikan keamanan sehingga terjadi pembobolan toko emas. "Kami segera kirim surat, namun masih menunggu penanggung jawab, Pak Jufrinaz, yang saat ini masih mudik. Kami tunggu kepulangannya dulu," tandas Wahyu saat ditemui dalam agenda santunan anak yatim (18/6/2017).

Pembobolan toko emas itu sangat rentan memicu gejolak dari pedagang yang sebelumnya enggan pindah ke PTD dari Pasar Merjosari. Pasalnya, pedagang meminta jaminan keamanan kepada pengelola. Kasus pembobolan itu bisa saja memengaruhi proses perpindahan para pedagang. 

"Pengondisian perpindahan pedagang kan juga sulit sekali. Jangan sampai, sekarang sudah mau pindah, karena ada kejadian ini, mereka jadi terpengaruh," ujar Wahyu.

Sedari awal, Disdag sudah mengimbau agar pihak investor selalu memprioritaskan masalah keamanan. Namun dengan adanya peristiwa ini, jadi pertanyaann bagaimana fungsi satpam PTD. "Nanti ada sedikit penekanan dari dinas supaya pengelola menambah keamanan dan menjadikan keamanan sebagai prioritas," ucap Wahyu.

Disdag pernah menyampaikan agar pasar tersebut tidak beroperasi selama 24 jam penuh dan juga tidak buka terlalu pagi. Dengan begitu, pengamanannya bisa lebih maksimal. “Tapi pasar buka 24 jam. Makanya seharusnya pengamanan harus lebih maksimal agar para pedagang bisa berjualan dengan tenang," pungkasnya. (*)

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top