Mudik Lebaran, Peserta JKN-KIS Dimanjakan Aplikasi Mobile BPJS Kesehatan

Tampilan Aplikasi(Playstore)
Tampilan Aplikasi(Playstore)

MALANGTIMES - Seiring berkembangnya zaman, para peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan dimanjakan dan dimudahkan dengan diluncurkannya Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan berbasis mobile. Dengan aplikasi itu, masyarakat tak usah repot langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan dalam memperoleh beberapa informasi.

Aplikasi yang sudah dapat diunduh secara resmi melalui Google Play sejak 15 Juli 2017 tersebut memberikan banyak kemudahan bagi dalam mengakses berbagai informasi terkait BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang Hendry Wahjuni mengatakan, dengan aplikasi ini, masyarakat yang sedang melakukan mudik tetap   bisa terkoneksi mengakses berbagai infomasi masalah kesehatan. "Jadi, di mana pun asal ada koneksi internet, para peserta bisa mengakses informasi BPJS Kesehatan. Nggak usah datang ke kantor cabang langsung. Lebih efisein waktu. Di aplikasi juga bisa mengecek iuran yang harus dibayar,"ungkapnya

Aplikasi itu dilengkapi beberapa akses fasilitas  yang bisa diakses. Misalnya alamat-alamat kantor BPJS, nomor telepon penting, tips kesehatan, serta mitra-mitra BPJS Kesehatan. "Ya termasuk fasilitas kesehatan mitra dari BPJS juga bisa diketahui, termasuk posko-posko mudik yang didirikan BPJS Kesehatan di berbagai daerah juga bisa diketahui," ujar Hendry.

Selain itu, tanya jawab secara langsung bisa dilakukan oleh para peserta BPJS dengan admin atau staf BPJS Kesehatan melalui aplikasi ini. "Ya bisa tanya informasi-informasibataupun keluhan-keluhan bisa dilaporkan melalui aplikasi ini. Di sini juga banyak tips selama mudik, bagimana mudiik aman bersama bayi, bagaimana persiapan selama mudik dan lainnya," jelasnya

Selama musim mudiik, BPJS Kesehayan juga menjamin para peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat(JKN-KIS), jika mengalami sakit sewaktu dalam perjalanan mudik, bisa langsung menuju rumah sakit atau IGD tanpa perlu adanya surat rujukan. "Mitra BPJS Kesehatan dilarang menolak pasien selama musim mudik ini. Namun para peserta juga harus mengecek apakah punya tunggakam atau tidak. Kalau memang ada tunggakan, segera diselesaikan," pungkasnya. (*)

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top