Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Program Pengembangan Koperasi Kota Malang Dilirik Menteri Koperasi dan UKM

Penulis : Imam Syafii - Editor : Lazuardi Firdaus

17 - Jun - 2017, 10:38

Wali Kota Malang H Moch. Anton (tengah) bersama Menteri Koperasi dan UKM RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (kanan batik merah) memaparkan program pengembangan koperasi dan UKM di Jalan Rasuna Said Jakarta. (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)
Wali Kota Malang H Moch. Anton (tengah) bersama Menteri Koperasi dan UKM RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (kanan batik merah) memaparkan program pengembangan koperasi dan UKM di Jalan Rasuna Said Jakarta. (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Program Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) salah satunya adalah menumbuhkembangkan koperasi sebagai salah satu upaya menggerakkan roda ekonomi. Perkembangan koperasi di Kota Malang selama ini menunjukkan grafik positif. Dampaknya, hal itu mendapat apresiasi dan dilirik Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Menkop UKM mengatakan, selama ini Pemkot Malang sangat baik dalam mengembangkan koperasi dan UKM sebagai bagian dari meningkatkan perekonomian masyarakat. "Kementerian sangat interes dengan langkah yang terus dilakukan Pemkot Malang, dalam hal mengembangkan koperasi. Kami juga tertarik untuk memberikan bantuan untuk Kota Malang," kata Menteri Puspayoga saat bertemu Wali Kota Malang H Moch. Anton bersama Kepala Barenlitbang Wasto serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tri Widyani di Kemenkop UKM Jalan Rasuna Said Jakarta (16/6/2017).

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Karena sangat tertarik dan mengapresiasi program perkembangan koperasi dan UKM di Kota Malang. Kemenkop dan UKM juga berencana memberikan bantuan anggaran kepada Pemerintah Kota Malang. Kemenkop UKM selama ini melihat adanya kepedulian pemerintah kota dalam menumbuhkembangkan koperasi melalui berbagai program dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Puspayoga berharap, Kota Malang bisa terus mengembangkan koperasi dan UKM. Dengan demikian. ke depan roda perekonomian di Kota Malang bisa meningkat dan berimbas positif pada masyarakat.

Sementara, Wali Kota Moch. Anton mengatakan, selama ini upaya pemerintah dalam mendorong sektor ekonomi melalui koperasi mampu menarik perhatian kementerian. "Koperasi adalah sektor yang terus kami kembangkan. Saya sudah pesan kepada Dinas Koperasi dan UKM agar membuat program yang baik untuk pengembangannya," ujar Abah Anton.

Menurut Abah Anton, pengembangan koperasi di Kota Malang sejalan dengan cita pemerintah yang terus mendongkrak perkembangan roda perekonomian melalui berbagai sektor. "Di Kota Malang ini kami terus berupaya agar koperasi bisa bangkit dan menjadi koperasi yang sehat karena nanti yang memanfaatkannya adalah masyarakat sendiri," tandasnya.

Abah Anton berharap nantinya kucuran dari Kemenkop dan UKM kepada Pemkot Malang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Malang yang terbilang cukup tinggi di Jawa Timur. "Koperasi adalah guru ekonomi di Indonesia. Karena itu. model ekonomi kerakyatan berbasis koperasi dan UKM bisa kita kembangkan di masa mendatang," ungkapnya.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Menurut Anton, beberapa koperasi di Kota Malang sudah memiliki struktur organisasi yang bagus dan memiliki banyak anggota. Koperasi itulah yang dijadikan percontohan untuk koperasi lainnya di Kota Malang agar ke depan, ratusan koperasi bisa meningkatkan perekonomian.b"Komitmen kami sangat kuat akan pengembangan koperasi di Kota Malang," tegasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tri Widyani. Dia mengatakan, selama ini pihaknya terus menggelontorkan berbagai program dengan tujuan agar koperasi di Kota Malang makin berkembang. "Koperasi tidak hanya yang simpan pinjam saja, tapi bisa digerakkan ke unit-unit usaha lainnya. Karena itu ada hubungan erat antara koperasi dan UKM hal itu yang akan kita terus dorong melalui berbagai program," ucap Tri Widyani.

Wanita yang akrab disapa Yani itu menambahkan, saat ini jumlah koperasi di Kota Malang sekitar 700. Dan ada beberapa koperasi yang sudah dijadikan percontohan oleh pemerintah kota. "Koperasi semakin baik adalah yang memiliki anggota aktif yang banyak. Mereka bisa membangun unit usaha dan mengembangkannya. Tidak sekadar simpan pinjam saja," ujar dia. (*)


Topik

Peristiwa Program-Pengembangan-Koperasi Kota-Malang Menteri-Koperasi-dan-UKM


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Lazuardi Firdaus