Kabupaten Malang Miliki Air Terjun Terindah di Dunia

Coban Sewu - Air Terjun Kabupaten Malang, Indonesia
Coban Sewu - Air Terjun Kabupaten Malang, Indonesia

MALANGTIMES - Hampir setiap negara di dunia ini mempunyai air terjun. Namun, hanya beberapa air terjun yang mampu memanjakan mata pengunjungnya. Berdasarkan penelusuran dari beberapa sumber, ada sepuluh air terjun yang masuk kategori terindah di dunia. 

Dan Indonesia termasuk yang memiliki air terjun paling indah di dunia. Air terjun Indonesia yang masuk kategori terindah di dunia ini ada di Kabupaten Malang. Berikut nama-nama air terjun terunik dan terindah di dunia.

Air Terjun Golden – Gullfoss Iceland

Gullfoss adalah air terjun bertingkat, dengan total ketinggian 105 kaki (32m). Berasal dari Sungai Hvítá, terlihat celah tersembunyi dari pandangan jarak dekat, sehingga muncul seolah-olah sungai masuk ke dalam bumi. Ada cerita terkenal tentang seorang gadis yang berjalan tanpa alas kaki dari Reykjavic ke Gullfoss untuk memprotes penggunaan air terjun untuk tujuan menghasilkan energi listrik tenaga air. Dengan demikian, patung telah didirikan untuk menghormatinya di dekat air terjun.

Air Terjun Plitvice – Kroasia

Air terjun Plitvice adalah kumpulan danau dan air terjun bertingkat, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Plitvice Lakes di Kroasia. Dianggap sebagai salah satu keajaiban alam terbesar di dunia, Plitvice Lakes National Park dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1979. Seluas 296 km persegi, merupakan taman nasional tertua di Eropa Tenggara, yang telah didirikan pada tahun 1949. Lebih dari 1,2 juta kunjungan dicatat setiap tahun, menjadikannya salah satu taman nasional di Kroasia dengan wisata terbesar.

Air Terjun Kaieteur Falls – Guyana

Air Terjun Kaieteur dengan volume air tinggi, air terjun terjun yang terletak di Guyana Kaieteur bagian dari Taman Nasional. Pada ketinggian 741ft (226m), memiliki curah air terjun terbesar di dunia. Ketinggiannya lima kali lebih tinggi dari Niagara Falls, dan dua kali lebih tinggi dari Air Terjun Victoria. Dalam bahasa Amerindian, Kaieteur berarti ‘orang tua jatuh’, diceritakan karena seorang tua yang didorong di atas jatuh dari perahu oleh kerabatnya.

Air Terjun Dettifoss – Iceland

Dettifoss, air terjun yang paling deras di Eropa, ketinggian 148 kaki (45m) ke canyon yang merupakan terbesar di Islandia yaitu Jokulsargljufur Canyon. Terletak di Jökulsá sungai Fjöllum, yang mengalir dari gletser Vatnajokull, Dettifoss terletak dalam Taman Nasional Vatnajokull. Dalam hal debit volume, itu adalah air terjun terbesar di Eropa.

Air Terjun Iguazu Argentina – Brazil

Dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1984, Iguazu Falls terletak di perbatasan wilayah selatan Brasil dan provinsi Misiones Argentina, dan sering dipuji sebagai air terjun paling spektakuler di dunia. Iguazu Falls mencakup 2.7km (1.7m) lebarnya, dan memiliki 275 air terjun kecil, dengan ketinggian mulai dari 60-82m. Nama ‘Iguazu’  diterjemahkan dari bahasa Guarani adat sebagai “air besar”. Iguazu Falls  dengan 275 air terjun nya dengan lebar yang mengesankan dan mendalam, memiliki iklim tropis yang beragam, tidak diragukan lagi salah satu harta yang paling spektakuler di alam dunia kita.

Air Terjun Victoria, Zambia – Zimbabwe

Air Terjun Victoria, terletak di perbatasan Zambia dan Zimbabwe, mungkin merupakan air terjun yang paling terkenal di dunia. Berasal dari Sungai Zambezi. Pada tahun 1989, air terjun dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO. Victoria Falls kadang-kadang disebut dengan nama pribumi, ‘Mosi-oa-Tunya’, yang berarti dalam bahasa inggris  ‘The Smoke The Thunders’.

Air Terjun Angel – Venezuela

Angel Falls, merupakan air terjun tertinggi di dunia, memiliki ketinggian 3212ft (979m). Dan penurunan jatuh total sepanjang 2648ft (807m) di sisi Gunung Auyantepui. Nama, ‘Angel Falls’, diambil dari Jimmie Angel, seorang penerbang yang terbang di atas gunung pada tahun 1933. Air terjun juga dikenal sebagai Kerepakupai Vena, dalam bahasa Pemon, yang berarti ‘air terjun tempat terdalam’. Angel Falls adalah bagian dari Taman Nasional Canaima di Venezuela, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, ditunjuk pada tahun 1994.

Air Terjun Huangguoshu – China

Huangguoshu Waterfall, terletak di provinsi Anshun, adalah salah satu air terjun terbesar di Cina, dengan tinggi 255ft (77.8m). Nama itu, ‘Huangguoshu’, secara harfiah diterjemahkan menjadi ‘pohon buah kuning’. Dikenal sebagai Huangguoshu Waterfall National Park.

Air Terjun Niagara USA – Canada

Air Terjun Niagara terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, memisahkan Kota New York dari provinsi Ontario. Ini terdiri dari tiga air terjun yang berbeda; Horseshoe Falls, American Falls dan Bridal Veil Falls. Hebatnya, enam juta kaki kubik air mengalir dari Air Terjun Niagara setiap menit setiap hari. Air Terjun Niagara tidak diragukan lagi menawarkan salah satu pemandangan paling spektakuler di Amerika Utara.

Coban Sewu - Air Terjun Kabupaten Malang, Indonesia

Indonesia mempunyai salah satu terjun terindah di dunia. Namanya Coban Sewu yang berlokasi di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Objek wisata ini sebenarnya berada di batas dua kabupaten yaitu Malang dan Lumajang. 

Air Coban Sewu merupakan aliran air sungai dari kaki Gunung Semeru yang mengalir ke arah selatan dan berakhir di Laut Selatan. Pada musim hujan aliran sungai ini membawa material vulkanik Gunung Semeru yang dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. 

Coban Sewu ini terletak di tebing yang memotong aliran sungai sehingga menghasilkan banyak air terjun. Selain dari aliran sungai , air ini juga berasal dari aliran air tanah yang terpotong oleh tebing sehingga keluar sebagai mata air. Mata air ini keluar diantara batuan vulkanik yang terbentuk akibat endapan Gunung Semeru. Gabungan Mata air tanah dan aliran sungai membuat Coban sewu terlihat memiliki banyak air terjun.

Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top