Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Lakukan Empat Hal Ini Untuk Hindari Bau Mulut saat Puasa

Penulis : Hezza Sukmasita - Editor : Lazuardi Firdaus

30 - May - 2017, 13:19

Drg Nina Agustine, owner NDC Clinic. (Foto: Istimewa)
Drg Nina Agustine, owner NDC Clinic. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Banyak orang mengeluhkan mengalami bau mulut saat berpuasa. Nah, Sahabat jangan sampai puasamu menghalangi interaksimu dengan sesama hanya karena bau mulut.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Untuk itu, owner NDC Clinic Drg Nina Agustine punya tips untuk mencegah bau mulut selama berpuasa. Yuk simak di bawah ini!

1. Teratur menyikat gigi
Menyikat gigi selama puasa bisa dilakukan setelah sahur dan menjelang tidur pada malam hari. Usahakanlah untuk selalu membersihkan mulut dan gigi pada dua waktu tersebut. Selain bisa mengatasi bau mulut yang kerap terjadi karena puasa, cara ini juga efektif membuat mulut terjaga kesehatannya. Menyikat gigi bermanfaat untuk menghilangkan plak, mencegah sariawan, dan menghilangkan bakteri penyebab masalah mulut lainnya.

2. Membersihkan lidah
Lidah juga bisa menjadi tempat berkumpul bakteri. Jika kita menyikat gigi tanpa membersihkan lidah, maka bakteri hanya berpindah dari gigi ke lidah. Oleh karena itu kebersihan lidah juga patut diperhatikan. Menjaga lidah tetap bersih bisa dilakukan dengan sikat lidah atau pembersih lidah. Pembersih lidah ini memang dirancang khusus untuk lidah guna membersihkan kotoran dan bakteri. Pembersih lidah merupakan alat yang penting digunakan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut terlebih saat puasa bulan Ramadan.

3. Banyak minum air putih saat sahur 

4. Gunakan obat kumur anti-bakteri
Sikat gigi terkadang tak mampu menjangkau semua sela-sela gigi. Gunakannlah obat kumur antibakteri agar maksimal membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut. Dengan begitu, tak ada sisa makanan dan mencegah datangnya bakteri.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Nah, Sahabat coba terapkan empat tips itu. Jangan sampai bakteri yang tertinggal di mulut membuat aroma tak sedap saat puasa ya! (*)


Topik

Peristiwa hindari-bau-mulut puasa-ramadhan NDC-Clinic Drg-Nina-Agustine


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hezza Sukmasita

Editor

Lazuardi Firdaus