Inilah 5 Pantai Berpasir Hitam nan Eksotis di Indonesia

Pantai Jolosutro
Pantai Jolosutro

MALANGTIMES.- Tiap kali mendengar kata "liburan", tempat yang bakalan terlintas dalam benak kalian salah satunya pantai. Sapa coba yang nggak senang pergi ke pantai? Aura pantai nan eksotis, debur ombaknya yang membebaskan, embusan angin laut beraroma garam ... hmmmm indahnya!

Selain pantai berpasir putih, ada juga loh pantai berpasir hitam yang nggak kalah eksotisnya.

Berikut ini 5 pantai berpasir hitam di Indonesia yang bisa kalian jadikan referensi liburan mendatang. Dua di antaranya ada di Malang loh. Nggak qpakai jauh kan liburannya?
Yuk kita simak di mana aja lokasi pantai-pantai tersebut.

1. Pantai Licin (Malang)

Pantai yang terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, ini berbeda dengan kebanyakan pantai yang berlokasi di Malang Selatan. Pantai ini pasirnya hitam legam akibat muntahan lahar meletusnya Gunung Semeru. Fenomena alam yang langka ini menjadikan Pantai Licin semakin indah. Sepanjang perjalanan menuju ke pantai ini, kalian akan disuguhi pemandangan tebing di sisi kanan dan sungai aliran lahar Gunung Semeru di sisi kiri yang sangat memukau. Pantai yang awalnya bernama Pantai Pasir Putih ini berganti nama menjadi Pantai Licin sekitar tahun 1960-an karena kawasan tersebut terkenal cukup licin akibat lumut dikarenakan di sekitar pantai dan perkampungan tersebut dulunya hutan lebat dan menjadi tempat banjir, hingga akhirnya seluruh tanahnya berlumut dan sangat licin. Makanya sampai sekarang disebut Dusun Licin dan pantainya disebut Pantai Licin. Satu lagi destinasi not too far from home yang bisa kalian datangi.

2. Pantai Nyanyi (Bali)

Eksotisme Bali memang nggak pernah ada habisnya untuk dibahas, Genk. Salah satu pantai berpasir hitam ini memang keren abis. Berlokasi di Desa Nyanyi, Tabanan, Bali. Pasir hitam di pantai ini gemerlapan ketika sinar matahari yang menimpanya, berkerlap-kerlip indah. Ditambah lokasi pantai yang masih alami dan tenang, sangat cocok untuk menyendiri bersama alam.

3. Pantai Anoi Itam (Aceh)

Terletak 13 Km dari Kota Sabang, satu-satunya pantai berpasir hitam milik Aceh ini bisa dibilang sangat indah. Paduan nan kontras antara pasir hitam dengan bebatuan kapur berwarna putih menghasilkan satu pemandangan alam yang menakjubkan. Belum lagi pasir hitam di pantai ini disebut-sebut memiliki berat jenis yang berbeda dibandingkan dengan pasir hitam di pantai sejenis. Kalau kalian berlibur ke Aceh, jangan lewatkan pantai yang satu ini yaaa.

4. Pantai Jonggring Saloko (Malang)

Selain Pantai Licin, Pantai Jonggring Saloko ini juga berpasir hitam loh, Guys. Nama pantai ini diambil dari nama sebuah kahyangan yang ditinggali oleh Batara Narada dalam cerita pewayangan Jawa. Lokasinya di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Malang. Meskipun tak sehitam pasir Pantai Licin, Pantai Jonggring Saloko ini nggak kalah eksotis dan memesona. Di pantai ini kalian bakalan bisa lihat yang namanya ngebros, yaitu karang berlubang yang menghasilkan semburan air yang berbunyi "brooosss" ketika terhantam ombak besar. Semburan ini bisa mencapai ketinggian 10 meter. Namun karena ombaknya yang lumayan besar, para pengunjung dilarang berenang. Tapi keunikan pantai ini tetap bisa dimasukkan dalam travel list kalian, Guys.

5. Pantai Jolosutro (Blitar)

Pantai yang terletak di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, ini merupakan salah satu harta karun dari deretan pantai menawan yang dimiliki Blitar. Kawasan bukit yang menanjak serta jalan berkelok yang amazing adalah pemandangan yang akan kamu lewati dalam perjalanan menuju pantai yang satu ini. Dengan butiran-butiran halus pasir hitamnya, Pantai Jolosutro terlihat makin eksotis ditambah dengan asrinya pantai yang terjaga bakalan membuat kalian terpesona. Tapi dikarenakan pantai ini masih berada di garis selatan yang terkenal dengan ombak besarnya, kalian diharapkan tidak berenang terlalu jauh. 

So, travelers, tunggu apa lagi? Segera buat rencana traveling kalian. And have a great holiday! (*)

Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top