Ini 10 Takjil Pembuka Selama Puasa dari Berbagai Negara Versi MalangTIMES

Kolak atau Kolek (foto istimewa)
Kolak atau Kolek (foto istimewa)

Marhaban Ya Ramadhan .... selamat datang bulan penuh kemuliaan, bulan suci penuh berkah. Saat dimana umat Islam diwajibkan untuk berpuasa menahan hawa nafsu, lapar, dan haus. 

Di saat ini kita akan bersua lagi dengan berbagai macam penganan pembatal puasa alias ta'jil, arti sesungguhnya dari ta'jil adalah penyegeraan, penyegeraan untuk membatalkan puasa dengan makan kecil yang manis.

Seiring dengan perkembangan zaman,  berkembang aneka makanan dan minuman  yang biasa dikonsumsi untuk keperluan membatalkan puasa, atau disebut takjil.

Inilah 10 negara dengan makanan pembatal puasa yang lezat sekaligus unik versi MalangTIMES, yang telah dihimpun dari berbagai sumber :

1. Indonesia :

The most wanted takjil di Indonesia jatuh pada kolak atau kolek.

Sup manis berkuah santan yang biasanya dikombinasikan dengan isian pisang, ubi jalar, singkong, nangka, dan variasi isian lain ini, sangat populer sebagai makanan pembatal puasa nomor 1 di Indonesia.

Rasanya yang legit, gurih, sekaligus mengenyangkan ini memang cocok dipakai sebagai makanan pembuka. 

2. Turki

Takjil favorit di negara ini adalah Roti Pide, yang memang hanya ada di bulan Ramadan saja.

Roti tradisional yang dipanggang di atas tungku kemudian ditaburi dengan aneka sayuran, daging, dan keju sebagai toppingnya, mirip dengan pizza dari Italia.

Kebayang kan gimana enaknya makanan satu ini ! Selain roti pide ini, ada juga makanan manis lain yang juga menjadi favorit di bulan Ramadhan yaitu puding dari air sari mawar dengan topping kacang-kacangan atau buah-buahan segar namanya Gullac, hmmmm ... yuummmyyy !

3. Maroko

Negara ini terkenal dengan olahan daging kambingnya, so pasti lezat dan bikin ketagihan. Salah satu olahan yang sangat populer di bulan Ramadan ini adalah Kuah Harira, rebusan domba yang dicincang dicampur chickpea ataupun lentil (sejenis biji-bijian), tomat, dibumbui rempah-rempah khas Maroko. Bisa dimakan sebagai makanan pembuka ataupun sebagai snack ringan. Hmmm ... lezat!

4. Iran

Makanan pembatal puasa dari negeri ini adalah Fesenjan. Yaitu kaldu unggas dicampur bola daging giling atau potongan daging domba bisa juga ikan, bisa manis bisa asam untuk rasanya tergantung selera dan disajikan dengan nasi khas Persia, Polo dan Chelo. Tetap kebayang gimana enaknya makanan ini yaa, guys?

5. India

Negara yang mayoritas beragama Hindu ini punya juga loh ta'jil yang enaknya maksimal, berasal dari Hyderabad (daerah dengan penduduk Muslim terbanyak), namanya Hyderabadi Haleem.

Makanan ini berupa bubur gandum yang dicampur dengan daging domba dengan rasa pedas gurih yang menggoyang lidah ... hmmmm .... maknyuuss !

6. Mesir

Medames adalah makanan pembatal puasa yang ngetop di negara ini. Semacam gado-gado, karedok, atau ketoprak kalau di Indonesia tapi minus sayuran dan lontong.

Kacang merah ditumbuk ditambahkan daun seledri, bawang putih, bawang bombay, perasan jeruk lemon, minyak sayur, dan irisan telur rebus. Rasanya seger-seger gurih pastinya, guys.

7. Arab Saudi

Sebagai negara penghasil kurma terbesar, terutama Kota Madinah, yang punya lebih kurang 120 jenis kurma, maka sudah pasti takjil di negara ini adalah Kurma.

Disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW agar berbuka dengan 3 butir kurma, makanan yang satu ini memang bagus untuk menormalkan kadar gula darah kita yang menurun selama menjalankan puasa, kandungan karbohidrat kompleksnya sangat tepat untuk kita-kita yang telah seharian berpuasa.

Rasanya yang manis dengan tekstur lembut menjadikan kurma sebagai makanan pembatal puasa favorit umat Islam.

8. Brunei Darussalam

Lain padang lain belalang, lain tempat lain takjilnya. Kebanyakan makanan untuk takjil biasanya yang simpel-simpel saja tapi lain dengan di Brunei Darussalam, negara terkaya di Asia Tenggara ini, mereka berbuka dengan menu Kepiting Rebus.

Makanan ini sangat populer sebagai makanan pembatal puasa di negara ini. Sekalipun ribet makannya tapi semua sudah tahu pasti bagaimana kelezatan kepiting.

9. Pakistan

Terkenal dengan makanan lezat yang kaya rempah, negara ini punya makanan pembatal puasa yang simpel banget.

Yaitu Samosa. Siapa tak kenal dengan makanan yang satu ini, berbentuk segitiga berisi potongan daging domba, kentang, dan bawang bombay ... enaknya benar-benar memanjakan lidah ! Cocoklah dijadikan ta'jil, simpel dan enak !

10. Trinidad dan Tobago

Negara kepulauan yang terletak di Laut Karibia bagian Selatan ini punya takjil yang unik tapi lezat pastinya, namanya Sawine, berbahan bihun yang disangrai sampai kecoklatan dituangi kuah susu dibumbui dengan jahe, kayu manis, cengkeh, dan rempah lain, disajikan dengan kismis atau kacang-kacangan ... hmmm tampaknya sempurna sebagai makanan pembatal puasa yaa, guys. 

Demikian ragam takjil dari berbagai negara, siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi kalian semua dalam menyiapkan takjil di rumah. Dan yang paling penting, semoga ibadah kita diterima oleh Allah SWT ya, guys. Happy Fasting Ramadhan 1438H !

Pewarta : Ira Latief Pudjosakti
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top