Ini 10 Takjil Pembuka Selama Puasa dari Berbagai Negara Versi MalangTIMES

Kolak atau Kolek (foto istimewa)
Kolak atau Kolek (foto istimewa)

Marhaban Ya Ramadhan .... selamat datang bulan penuh kemuliaan, bulan suci penuh berkah. Saat dimana umat Islam diwajibkan untuk berpuasa menahan hawa nafsu, lapar, dan haus. 

Di saat ini kita akan bersua lagi dengan berbagai macam penganan pembatal puasa alias ta'jil, arti sesungguhnya dari ta'jil adalah penyegeraan, penyegeraan untuk membatalkan puasa dengan makan kecil yang manis.

Seiring dengan perkembangan zaman,  berkembang aneka makanan dan minuman  yang biasa dikonsumsi untuk keperluan membatalkan puasa, atau disebut takjil.

Inilah 10 negara dengan makanan pembatal puasa yang lezat sekaligus unik versi MalangTIMES, yang telah dihimpun dari berbagai sumber :

1. Indonesia :

The most wanted takjil di Indonesia jatuh pada kolak atau kolek.

Sup manis berkuah santan yang biasanya dikombinasikan dengan isian pisang, ubi jalar, singkong, nangka, dan variasi isian lain ini, sangat populer sebagai makanan pembatal puasa nomor 1 di Indonesia.

Rasanya yang legit, gurih, sekaligus mengenyangkan ini memang cocok dipakai sebagai makanan pembuka. 

2. Turki

Takjil favorit di negara ini adalah Roti Pide, yang memang hanya ada di bulan Ramadan saja.

Roti tradisional yang dipanggang di atas tungku kemudian ditaburi dengan aneka sayuran, daging, dan keju sebagai toppingnya, mirip dengan pizza dari Italia.

Kebayang kan gimana enaknya makanan satu ini ! Selain roti pide ini, ada juga makanan manis lain yang juga menjadi favorit di bulan Ramadhan yaitu puding dari air sari mawar dengan topping kacang-kacangan atau buah-buahan segar namanya Gullac, hmmmm ... yuummmyyy !

3. Maroko

Negara ini terkenal dengan olahan daging kambingnya, so pasti lezat dan bikin ketagihan. Salah satu olahan yang sangat populer di bulan Ramadan ini adalah Kuah Harira, rebusan domba yang dicincang dicampur chickpea ataupun lentil (sejenis biji-bijian), tomat, dibumbui rempah-rempah khas Maroko. Bisa dimakan sebagai makanan pembuka ataupun sebagai snack ringan. Hmmm ... lezat!

4. Iran

Makanan pembatal puasa dari negeri ini adalah Fesenjan. Yaitu kaldu unggas dicampur bola daging giling atau potongan daging domba bisa juga ikan, bisa manis bisa asam untuk rasanya tergantung selera dan disajikan dengan nasi khas Persia, Polo dan Chelo. Tetap kebayang gimana enaknya makanan ini yaa, guys?

5. India

Negara yang mayoritas beragama Hindu ini punya juga loh ta'jil yang enaknya maksimal, berasal dari Hyderabad (daerah dengan penduduk Muslim terbanyak), namanya Hyderabadi Haleem.

Makanan ini berupa bubur gandum yang dicampur dengan daging domba dengan rasa pedas gurih yang menggoyang lidah ... hmmmm .... maknyuuss !

6. Mesir

Medames adalah makanan pembatal puasa yang ngetop di negara ini. Semacam gado-gado, karedok, atau ketoprak kalau di Indonesia tapi minus sayuran dan lontong.

Kacang merah ditumbuk ditambahkan daun seledri, bawang putih, bawang bombay, perasan jeruk lemon, minyak sayur, dan irisan telur rebus. Rasanya seger-seger gurih pastinya, guys.

7. Arab Saudi

Sebagai negara penghasil kurma terbesar, terutama Kota Madinah, yang punya lebih kurang 120 jenis kurma, maka sudah pasti takjil di negara ini adalah Kurma.

Disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW agar berbuka dengan 3 butir kurma, makanan yang satu ini memang bagus untuk menormalkan kadar gula darah kita yang menurun selama menjalankan puasa, kandungan karbohidrat kompleksnya sangat tepat untuk kita-kita yang telah seharian berpuasa.

Rasanya yang manis dengan tekstur lembut menjadikan kurma sebagai makanan pembatal puasa favorit umat Islam.

8. Brunei Darussalam

Lain padang lain belalang, lain tempat lain takjilnya. Kebanyakan makanan untuk takjil biasanya yang simpel-simpel saja tapi lain dengan di Brunei Darussalam, negara terkaya di Asia Tenggara ini, mereka berbuka dengan menu Kepiting Rebus.

Makanan ini sangat populer sebagai makanan pembatal puasa di negara ini. Sekalipun ribet makannya tapi semua sudah tahu pasti bagaimana kelezatan kepiting.

9. Pakistan

Terkenal dengan makanan lezat yang kaya rempah, negara ini punya makanan pembatal puasa yang simpel banget.

Yaitu Samosa. Siapa tak kenal dengan makanan yang satu ini, berbentuk segitiga berisi potongan daging domba, kentang, dan bawang bombay ... enaknya benar-benar memanjakan lidah ! Cocoklah dijadikan ta'jil, simpel dan enak !

10. Trinidad dan Tobago

Negara kepulauan yang terletak di Laut Karibia bagian Selatan ini punya takjil yang unik tapi lezat pastinya, namanya Sawine, berbahan bihun yang disangrai sampai kecoklatan dituangi kuah susu dibumbui dengan jahe, kayu manis, cengkeh, dan rempah lain, disajikan dengan kismis atau kacang-kacangan ... hmmm tampaknya sempurna sebagai makanan pembatal puasa yaa, guys. 

Demikian ragam takjil dari berbagai negara, siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi kalian semua dalam menyiapkan takjil di rumah. Dan yang paling penting, semoga ibadah kita diterima oleh Allah SWT ya, guys. Happy Fasting Ramadhan 1438H !

Editor :
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
  • Pacu Guru di Malang Menulis Sebulan Satu Buku

    Budaya membaca dan menulis memang belum jadi milik bangsa ini. Tetapi bukan berarti budaya literasi tidak digalakkan. Seperti pemandangan di aula Dinas Pendidikan Kota Malang pada Minggu (21/1/2018). Sekitar 100 guru sekolah dasar (SD) Kota Malang tampak

  • Banleg DPRD Kabupaten Malang: Bukan Soal Kuantitas, tapi Kualitas kalau Bicara Prolegda

    Sebanyak 14 Rencana Peraturan Daerah (Raperda) yang masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) Kabupaten Malang tahun 2018 jangan sekadar dilihat segi kuantitasnya saja. Tapi juga wajib dilihat kualitas dan relevansinya terhadap masyarakat Kabupaten

  • Minim Sumbang PAD, Terminal Gondanglegi Rencana Jadi Terminal Wisata

    Keberadaan beberapa terminal di wilayah Kabupaten Malang serupa hidup enggan mati tak mau. Hal ini didasarkan pada kontribusi terminal yang nyaris tidak berfungsi optimal dikarenakan kendaraan umum yang melayani masyarakat dalam kota terbilang sepi aktivi

  • Malang Siapkan Ini untuk Jadi Kiblat Fashion 2018

    Bicara soal mode, Kota Malang mungkin belum setenar ibu kota Jakarta atau Bandung. Tetapi industri fashion Bhumi Arema tak bisa dianggap sebelah mata.

  • Geber Periksa Mantan Ketua DPRD Kota Malang, KPK Incar Tersangka Baru?

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI terus mendalami kasus dugaan rasuah perubahan APBD Kota Malang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bakal ada tersangka baru dalam kasus yang melibatkan sejumlah pimpinan instansi pemerintahan itu.

  • Janda Satu Anak Pilih Gantung Diri

    Diduga frustrasi, seorang janda beranak satu asal Desa Tawang Rejeni, Kecamatan Turen, mengambil jalan pintas untuk mengakhiri hidupnya. Yaitu gantung diri dengan melilitkan kain panjang warna hijau yang biasa digunakan sebagai kudung ke lehernya sendir

  • Tahan Imbang Arema FC, Aji Santoso Senang Pasukan Mudanya Tak Minder

    Raut wajah sumringah ditunjukkan pelatih Persela Lamongan Aji Santoso. Aji senang karena pasukannya mampu menahan imbang Arema FC di Stadion Gajayana. Dia mengacungi jempol bagi para pemain mudanya karena tak minder walaupun harus berduel skuad yang punya

  • 7 Karoseri Ini Mendunia, dari Malang Mendominasi

    Reparasi bodi mobil di luar brand-brand kenamaan bisa dibuat di sebuah karoseri. Karoseri merupakan tempat yang menjual jasa pembuatan bodi mobil beserta interiornya, di atas chassis dan mesin yang diproduksi oleh pabrik lainnya.

  • Cara Menyehatkan Pedagang, Disperindag Kabupaten Malang Adakan Baksos Pengobatan Gratis

    Kabupaten Malang memiliki 34 pasar daerah dengan ribuan pedagang di dalamnya. Keberadaan para pedagang tersebut menjadi aset bagi Pemerintah Kabupaten Malang dalam menggerakkan perekonomian.

  • Inilah Lima Film Nasional Terhits yang Mengambil Lokasi Syuting di Malang Raya

    gai kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya menawarkan banyak keunggulan. Termasuk pernah menjadi bagian dari setting lokasi film-film nasional. Inilah film-film nasional terhits yang pernah mengambil setting lokasi di Malang.

  • Misteri Pantai Goa China, Hati-Hati dengan Yang Nomor Empat

    Pantai Goa Cina merupakan salah satu pantai penuh pesona di Kabupaten Malang. Letaknya ada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

  • Kelabui Leasing, Warga Batu Ini Palsukan Data Kredit Motor

    Rencana Sutedjo (52), warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, untuk mengelabui petugas leasing dengan cara memalsukan dokumen tak berjalan mulus. Malah Sutedjo diciduk Polres Batu usai menyelidiki kasus tersebut.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top