Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Presiden Jokowi Bagi 10.038 Sertifikat Tanah di Lapangan Rampal Kota Malang

Penulis : Imam Syafii - Editor : Redaksi

24 - May - 2017, 21:30

Presiden RI, Joko Widodo menunjukkan sertifikat tanah dalam kegiatan penyerahan sertifikat hak atas tanah kepada ribuan orang se-Jawa Timur yang digelar di Lapangan Rampal Kota Malang, Rabu (24/5/2017). (Foto : Imam Syafi'i/MalangTIMES)
Presiden RI, Joko Widodo menunjukkan sertifikat tanah dalam kegiatan penyerahan sertifikat hak atas tanah kepada ribuan orang se-Jawa Timur yang digelar di Lapangan Rampal Kota Malang, Rabu (24/5/2017). (Foto : Imam Syafi'i/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Presiden Joko Widodo membagikan sertifikat tanah secara massal kepada 10.038 pemilik lahan se Jawa Timur di Lapangan Rampal Kota Malang, Rabu (24/5/2017). 

Sertifikat sebanyak itu merupakan bagian dari target 5 juta sertifikat tanah secara nasional yang diinstruksikan Jokowi kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil agar terealisasi tahun ini.

Baca Juga : Beda Aturan Luhut Vs Terawan Soal Ojol di Masa PSBB, Jokowi Diminta Turun Tangan

Demikian disampaikan Jokowi dalam acara penyerahan sertifikat hak atas tanah program strategis nasional pembinaan dan fasilitasi serta kerja sama akses reform yang digelar di Lapangan Rampal Kota Malang, Rabu (24/5/2017).

"Tahun ini saya sudah menugaskan Menteri Agraria agar bisa menyelesaikan target 5 juta sertifikat tanah se Indonesia. Bagaimana caranya harus tercapai karena itu instruksi yang harus dikerjakan. Saya ingin melihat kinerjanya," kata Jokowi di hadapan ribuan peserta penerima sertifikat tanah se Jawa Timur sembari bertepuk tangan.

"Saya beri target tahun ini 5 juta sertifikat tanah di Indonesia terselesaikan, tahun depannya lagi 7 juta, tahun berikutnya 9 juta," imbuhnya.

Jokowi mencatat sekarang ini ada sekitar 10.038 ribu orang yang harus mendapatkan sertifikat tanah dari pemerintah pusat. Sertifikat itu sebagai bukti hak hukum dan hak atas kepemilikan tanah. 

"Tanpa sertifikat seperti ini akan terjadi sengketa dan konflik perebutan lahan yang biasa terjadi antara pemilik lahan dengan warga, perusahaan, maupun instansi lainnya. Karena itu, kalau sudah memiliki sertifikat seperti ini pemilik akan menang secara hukum," terangnya. 

Selain membagikan sertifikat, Jokowi memberikan hadiah beberapa sepeda kepada sejumlah peserta yang bisa menjawab pertanyaannya seputar kemajemukan dan makanan tradisional di Indonesia.

Baca Juga : Sempat Dilarang, Pemerintah Akhirnya Izinkan Ojol Angkut Penumpang, Ini Syaratnya

Kuis tersebut bertujuan memberi pemahaman akan pentingnya sikap saling menghargai, menjaga kerukunan serta mencintai budaya daerah. 

“Negara Indonesia memiliki beragam suku, agama, dan adat istiadat. Ada 714 suku yang berdomisili di 17 ribu pulau, 34 provinsi, dan 516 kabupaten/kota. Kita semua harus menjalin kebersamaan dan kerukunan bersama,” katanya.

Smentara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil menjelaskan Jawa Timur sendiri memiliki sekitar 2,7 juta bidang lahan dan yang sudah bersertifikat hanya 39 persennya saja.

"Kami akan terus mempercepat proses penyelesaian sertifikat lahan masyarakat untuk memenuhi target dari Presiden," pungkasnya. 


Topik

Peristiwa jokowi presiden-ri Menteri-Agraria sertifikat-tanah


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Syafii

Editor

Redaksi