Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Dinas Peternakan Jamin Kesehatan Daging di Pasar Kabupaten Malang

Penulis : Nana - Editor : Redaksi

23 - May - 2017, 17:18

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Malang, Endang Retnowati, menjamin kesehatan daging yang diperjualbelikan di berbagai pasar, Selasa (23/5/2017) (Nana/MalangTIMES)
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Malang, Endang Retnowati, menjamin kesehatan daging yang diperjualbelikan di berbagai pasar, Selasa (23/5/2017) (Nana/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Malang menjamin kesehatan daging yang dijual di wilayah Kabupaten Malang menjelang masuk bulan Ramadhan sampai dengan Idul Fitri bulan depan.

Jaminan kesehatan daging yang disampaikan langsung oleh Kepala DPKH Kabupaten Malang didasarkan kepada tidak adanya temuan penyakit dalam daging yang diperjualbelikan di pasar selama awal tahun 2017 sampai sekarang.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

"Tidak ada temuan tentang itu. Hal ini karena kita melakukan pemeriksaan dan cek ketat kepada para peternak maupun di Rumah Potong Hewan (RPH),"kata Endang Retnowati, Kepala DPKH, Selasa (23/05) kepada MALANGTIMES.

Keyakinan Endang atas kesehatan daging yang diperjualbelikan juga berawal dari ternak, semisal Sapi yang belum di potong di RPH secara kontinyu dilakukan pemeriksaan oleh DPKH melalui Tim Kesehatan Hewan (Keswan).

"Jadi kita terapkan keamanan berlapis, sebelum jadi konsumsi masyarakat luas,"ujar Mantan Kepala Badan Perpustakaan Kabupaten Malang ini.

Endang berharap kepada masyarakat di Kabupaten Malang jangan takut untuk konsumsi daging yang ada di pasaran, apalagi kalau ada isu-isu tidak jelas di media sosial (medsos) mengenai kesehatan daging.

"Kita jamin sehat. Untuk lebih meyakinkan lagi, nanti kami bersama dinas terkait lainnya akan melakukan monitoring langsung ke pasar, peternak maupun RPH,"tegasnya.

Monitoring dan pengecekan dari hulu sampai hilir ini, menurut Endang akan dilaksanakan secepatnya dengan berbagai dinas lainnya, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dokter Hewan dan lainnya.

"Secepatnya kita monitoring. Kita tinggal menunggu Instruksi dari Sekda. Hal ini agar kegiatan benar-benar maksimal dan terpadu, "ujarnya. 

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Seperti diketahui, menjelang Ramadhan sampai Idul Fitri, permintaan pasar terhadap daging, baik sapi, ayam, kambing meningkat sangat tinggi. Permintaan tinggi ini juga bersambut dengan kebutuhan masyarakat atas daging dalam dua hari Besar Umat Islam ini.

Dalam kondisi tersebut, biasanya, banyak terjadi praktek tidak sehat, baik adanya penimbunan yang berakibat kelangkaan dan mahalnya daging sampai dengan cara-cara 'memoles' daging lama seperti segar dengan berbagai bahan atau zat yang berakibat terganggunya kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

Endang juga tidak menapik bahwa hal tersebut banyak terjadi, tetapi tidak di Kabupaten Malang. "Kita aman, sekali lagi untuk kesehatan daging terjamin,"tegasnya.

Sedang untuk masalah persedian daging, khususnya sapi, dia juga menyampaikan tidak ada kendala di Kabupaten Malang. "Persedian daging sapi insyaallah juga aman sampai Idul Fitri,"pungkas Endang.


Topik

Peristiwa dinas-peternakan kabupaten-malang kesehatan-daging bulan-ramadhan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Redaksi