Wow, Paviliun RSUD Kabupaten Malang Akan Disulap Jadi Tempat Pariwisata

Bupati Malang, Dr. Rendra Kresna menyampaikan harapannya, Rumah Sakit Umum Daerah bisa beriringan dengan dunia pariwisata di Kabupaten Malang, Jum
Bupati Malang, Dr. Rendra Kresna menyampaikan harapannya, Rumah Sakit Umum Daerah bisa beriringan dengan dunia pariwisata di Kabupaten Malang, Jum'at (19/05) (Foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bagaimana jadinya jika sebuah pavilium rumah sakit disulap menjadi tempat wisata? Bukanlah hal yang mustahil bagi Bupati Malang Dr. Rendra Kresna untuk mewujudkannya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

Rendra telah menyusun sebuah program agar RSUD menjadi jujugan wisata, bukan hanya jujugan bagi orang sakit. Hal tersebut ia cita- citakan agar RSUD bisa berjalan beriringan dengan program kepariwisataan.

"Tentunya ini bukan sekedar harapan semata. Banyak contoh RS di luar negeri yang telah menerapkan ini," kata Rendra Kresna, Jum'at (19/05) kepada MALANGTIMES setelah acara Hari Ulang Tahun RSUD Kanjuruhan ke-50 selesai.

RS di Singapura, Malasyia atau di negara-negara maju Eropa telah lama menerapkan konsep kesehatan dengan pariwisata. Keduanya berjalan beriringan dan saling menguatkan. "Syaratnya memang infrastruktur sarana prasarana telah tersedia," ujar Rendra yang mencontohkan dengan kolaborasi dua dunia yang terkesan berbeda jauh ini, RS mampu menyumbang pendapatan kepada pemerintahan cukup besar.

Untuk mencapai keberadaan RS yang bisa beriringan dengan dunia kepariwisataan, Rendra mendorong seluruh penyelenggara dunia kesehatan ini agar mampu memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, baik dalam ranah pengobatan maupun edukasi kesehatan secara kontinyu.

Pelayanan optimal inilah yang nantinya akan menjadikan masyarakat Kabupaten Malang menjadi manusia-manusia sehat yang datang ke RS bukan karena sakit dan masuk dalam kategori pengobatan kronis, tetapi menjadikan RS sebagai pusat konseling kesehatan dan ruang refreshing.

Rendra mencontohkan bahwa dalam bayangannya pavillium RS nantinya akan dijadikan tempat refreshing setiap pekan oleh masyarakat yang ingin menanyakan kesehatannya. "Mereka menginap di sana dan menikmati liburan sambil berkonsultasi mengenai kesehatan. Jadi RS bukan jadi sekedar jujugan orang yang kadung sakit, tapi orang sehat yang sadar mengenai pentingnya kesehatan," terangnya.

Harapan Bupati Malang atas keberadaan RSUD bisa beriringan dengan pariwisata sebagai salah satu program kerja unggulan Kabupaten Malang, lahir dari berbagai indikator yang cukup lama juga menjadi bahan pemikirannya. 

Di berbagai kegiatan kesehatan, Rendra yang juga begitu konsen terhadap dunia kesehatan, selalu mendorong seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan untuk lebih mengedepankan upaya preventif dalam gerakan hidup sehat, dibanding upaya represif (pengobatan karena sudah sakit).

"Jadi apa yang saya sampaikan bukan sekedar keinginan, tetapi sudah dalam proses pembentukan. Tinggal bagaimana kelanjutan teknisnya dari para pelaksana kesehatan," pungkas Rendra.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top