PU Bina Marga Peduli Jalan

Anggarkan Rp 23 Miliar, Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang Fokus Rehab Jalan

Karyawan UPT PU Bina Marga saat melakukan rehabilitasi jalan (dokumentasi DPUBM Kabupaten Malang)
Karyawan UPT PU Bina Marga saat melakukan rehabilitasi jalan (dokumentasi DPUBM Kabupaten Malang)

MALANGTIMES - Tahun 2017, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 23 miliar untuk kegiatan rehabilitasi  dan peningkatan jalan raya yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

Walau berkurang separuhnya dari jumlah DAK 2016 yaitu sekitar Rp 40 miliar, DPUBM Kabupaten Malang akan mengoptimalkan pekerjaan rehabilitasi  dan peningkatan kualitas jalan dengan cara fokus pada beberapa titik yang menunjang program daerah dan sesuai petunjuk teknis penggunaannya (juknis).

"Penggunaan DAK dialokasikan untuk rehab dan peningkatan jalan sekitar 70 kilometer, sedangkan titiknya disesuaikan dengan juknis dan kebutuhan program," kata Romdhoni, Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Kamis (18/5/2017).

Titik rehabilitasi dan peningkatan jalan akan dilakukan di sejumlah ruas jalan yang berada di 33 Kecamatan di wilayah Kabupaten Malang dengan prioritas di penghubung jalan kecamatan ke kecamatan.

Selain itu juga prioritas rehab untuk jalan penghubung kecamatan ke kota, wilayah jalan perbatasan Kabupaten dan atau Kota serta akses jalan menuju wisata.

"Prioritas jalan yang akan direhab melalui DAK ini dalam upaya mendongkrak akses perekonomian masyarakat,"ujar Romdhoni.

Mengenai titik jalan lainnya yang juga membutuhkan rehab dan peningkatan, Romdhoni menyampaikan akan berusaha mengoptimalkan dana Daerah (APBD) Kabupaten Malang dan Provinsi.

Dikesempatan sama, DPUBM juga merencanakan proses pembangunan dan rehab infrastruktur jalan hotmix, tembok penahan tanah, duicker dan normalisasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari.

Romdhoni menyampaikan, dalam acara Bina Desa, dinasnya merencanakan rehab jalan hotmix sepanjang 1.365 meter dengan lebar jalan rata-rata 3 meter.

"Ada juga rehab Salob (saput lobang) dengan panjang sekitar 3000 m x 3 m,"urai mantan Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang ini.

Berbagai program kerja di DPUBM Kabupaten Malang dalam rehabilitasi dan peningkatan jalan di tahun 2017 ini selain sebagai penunjang infrastruktur kepariwisataan juga sebagai bentuk kepedulian dalam permasalahan jalan yang ada di Kabupaten Malang.

"Kita terus bekerja optimal disemua lini dalam mensukseskan program pembangunan Kabupaten Malang," pungkas Romdhoni.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Heryanto
Publisher : debyawan erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top