Program Gambar Drafter Gratis DPM PTSP Kota Malang Jadi idola Pengunjung Pameran Layanan Publik 2017

Sekretaris DPM PTSP Kota Malang Wulan Ragas Prasiani Iriana (kanan) menjelaskan teknis program gambar drafter gratis kepada pengunjung dalam pameran layanan publik 2017 di Gresik. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Sekretaris DPM PTSP Kota Malang Wulan Ragas Prasiani Iriana (kanan) menjelaskan teknis program gambar drafter gratis kepada pengunjung dalam pameran layanan publik 2017 di Gresik. (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Program gambar drafter gratis yang diusung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Malang membuat pengunjung gelaran pameran dan simposium Pelayanan Publik Jawa Timur 2017 di Gresik tertarik sekali. Mereka memuji program tersebut tidak dipunyai daerah lain di Indonesia. 

"Banyak pengunjung dari berbagai daerah, mulai instansi, dinas, hingga pelajar dan mahasiswa yang tertarik program kami, yaitu gambar drafter gratis," kata Sekretaris DPM PTSP Kota Malang Wulan Ragas Prasiani Iriana kepada Malang TIMES, Kamis (18/5/2017), terkait acara yang digelar di Gelora Joko Samudro Gresik oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) bekerja sama dengan Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Gresik itu.

Menurut Wulan, drafter gratis ini merupakan program baru satu-satunya di Indonesia yang dicanangkan DPM PTSP Kota Malang. "Jadi, kami berikan kemudahan kepada pemohon yang ingin mengurus izin mendirikan bangunan (IMB) secara gratis, terutama masyarakat kurang mampu dengan luasan bangunan di bawah 100 meter persegi," terang dia kepada pengunjung yang hadir di stan DPM PTSP Kota Malang.

Program drafter gratis ini dikerjakan para arsitek andal DPM PTSP. Tugas awal arsitek akan melakukan pengecekan lokasi atau lapangan dari pemohon. "Sesuai peraturan dan prosedur, gambar drafter gratis berlaku bagi pemohon yang sudah melengkapi perayaratan IMB. Kalau sudah lengkap syaratnya dan cek lapangan tak ada masalah, surat IMB secepatnya bisa keluar," ungkapnya.

Untuk teknis dan pelaksanaan gambar drafter gratis ini, pemohon tak harus datang langsung ke Perkantoran Terpadu Gedung A Lantai II Jalan Mayjend Sungkono, Tlogowaru, karena DPM PTSP melayani sistem keliling ke tingkat kecamatan di Kota Malang. "Kami sudah menyediakan layanan keliling antar-kecamatan untuk mempermudah masyarakat mengurus perizinan," paparnya.

Wulan mengungkapkan bahwa pameran ini digelar untuk memberikan bukti nyata pelayanan yang baik kepada masyarakat. Juga untuk mempromosikan inovasi pelayanan dan simulasi inovasi pelayanan publik dari instansi terkait.

Bukan hanya itu. DPM PTSP Kota Malang juga memamerkan penghargaan yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia sebagai role model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori 'A' di Jakarta pada 2 Maret 2017. Penghargaan diberikan berdasarkan hasil evaluasi terhadap 59 kabupaten/kota role model sesuai dengan Kemenpan RB   Nomor 191 Tahun 2016 tentang penetapan 59 kabupaten/kota sebagai role model penyelenggaraan pelayanan publik.

Dari pantauan MalangTIMES gelaran pameran Simposium Pelayanan Publik Jawa Timur 2017 diikuti puluhan peserta dari kota/kabupaten se-Jawa Timur dengan menampilkan beragam produk layanan mulai dari instansi dinas, badan usaha milik negara (BUMN), dan badan usaha milik daerah (BUMD).

Di sisi lain, pameran dibuka langsung oleh Bupati GresikSambari Halim Radianto dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim H Akhmad Sukardi. Antusias pengunjung yang hadir sangat tinggi, mulai pelajar hingga pejabat daerah.(*)

Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top