35 Ribu Peserta SBMPTN Disebar di 43 Titik

Humas Panlok 55 Kota Malang Pranatalia Pratami Nugraheny (ist)
Humas Panlok 55 Kota Malang Pranatalia Pratami Nugraheny (ist)

MALANGTIMES - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) digelar hari ini. Sebanyak 35 ribu peserta tes SBMPTN bersaing ketat berebut kursi perguruan tinggi (PT). 

Para peserta disebar di beberapa titik tes. Ada 43 lokasi tes yang telah disiapkan oleh panitia. Antara lain Universitas Widyagama dan STIE Malangkucewara.

Humas Panlok (Panitia Lokal) 55 Kota Malang Pranatalia Pratami Nugraheny SAB mengungkapkan, lokasi tes tersebar agar bisa menampung banyaknya jumlah pendaftar. Selain dengan kampus-kampus di Kota Malang, pihaknya juga bekerja sama dengan beberapa sekolah sebagai lokasi tes.

"Kalau untuk lokasi tes computer base test (CBT) dilaksanakan di sejumlah kampus. Namun kalau untuk paper base test (PBT) dilaksanakan di beberapa sekolah seperti  SMAN 8, SMAN 5, SMKN 4," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal 55 Kota Malang Prof Kusmartono mengungkapkan, pihaknya tidak ingin SBMPTN kali ini dilalui dengan kecurangan dan ketidakadilan. Misalnya adanya perjokian.

"Karena itu, kami akan antisipasi dengan mengatur duduk mengular. Untuk soal tetap diletakkan di bangku. Kami juga mengontrol adanya joki, walaupun  random soal dan ada variasi. Namun joki kan pintar, makanya kita selalu tetap melakukan pengontrolan,” tandas  Kusmartono.

Untuk lebih mengamankan jalannya SBMPTN, pihak UB juga telah menyiapkan 20 metal detector sebagai antisiasi adanya kecurangan dalam SBMPTN.  "Karena perjokian ini biasanya terjadi dengan semua modus. Tentu saja modus ada beragam. Apalagi modus joki menggunakan HP,” ungkapnya.

Sebanyak 35.823 peserta telah mendaftar ulang mengikuti tes SBMPTN hari ini dengan berbagai pilihan jurusan. Para peserta melakukan tes di lokasi sesuai dengan program studi yang dipilih. Untuk lokasi tes, soshum berlokasi di UB, saintek di UM, dan campuran di UIN Maliki. (*)

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top