Ribuan Peserta CBT Tak Perlu Takut Wannacry

Rektor UB Prof Dr Ir Mohammad Bisri MS (paling kanan)(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Rektor UB Prof Dr Ir Mohammad Bisri MS (paling kanan)(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) digelar Selasa (16/5) hari ini. Sekitar 30 ribu peserta mengikuti computer base test. 

Namun, ribuan peserta yang mengikuti SBMPTN tidak perlu takut dan waswas pasca-merebaknya virus Wannacry. Virus yang beberapa waktu sempat membuat takut berbagai kalangan mulai dari pendidikan dan pemerintahan ini sudah diblokir. Dengan adanya pemblokiran itu, peserta dijamin dapat mengikuti tes  dengan aman tanpa ada gangguan yang berarti.

"Sudah dilakukan pemblokiran mulai tiga hari yang lalu. Tim IT sudah melakukan pemantauan biar nanti tidak ada yang trouble," kata Wakil Rektor 1 UB Prof Kusmartono (16/5/2017).

Sementara, Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr Ir Mohammad Bisri MS mengatakan, untuk tes berbasis komputer atau CBT, sekitsr 1.650 unit komputer sudab disiapkan panlok 55. "Meningkat drastis tahun ini daripada tahun lalu yang hanya sekitar 240. Sekitar 1.580 peserta yang mengikuti tes tersebut,"ungkapnya

Masing-masing perguruan tinggi menyediakan banyak komputer. UB menyediakan 600 unit, UM 800 unit, dan 250 unit dari UIN.

Bisri melanjutkan, dengan kenaikan ini, tidak tertutup kemungkinan bahwa nanti Kemenristek Dikti tahun depan akan menambah lagi target dari pelaksanaan tes ini.

"Tes berbasis komputer ini kan lebih efektif dan bisa meminimalisasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta. Seperti misalnya salah pengisian data diri peserta yang kebanyakan mereka lupa mengisi saat ujian tulis," ujarnya. "Dengan ini kan bisa meminimalisasi peserta yang salah entry. Kasihan kalau gara-gara salah entry, mereka tidak lolos," imbuhnya

Selain mengurangi kecurangan dan kesalahan entry data dalam ujian, CBT ini juga sangat berguna dalam menangkal adanya perjokian. (*)

Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top