Poskamling Cerdas Literasi Jujugan Mahasiswa Asing

Salah satu mahasiswa asing IKIP Budi Utomo memberikan pembelajaran menulis dan membaca kepada anak-anak di Poskamling Cerdas Literasi. (foto : istimewa)
Salah satu mahasiswa asing IKIP Budi Utomo memberikan pembelajaran menulis dan membaca kepada anak-anak di Poskamling Cerdas Literasi. (foto : istimewa)

MALANGTIMES - Keberadaan Poskamling Cerdas Literasi yang terletak di RT 02 RW 01 Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, menjadi daya magnet jujugan mahasiswa asing untuk studi lapangan dan pengabdian masyarakat.

Minggu (14/52017) kemarin, misalnya, lima mahasiswa dari berbagai negara yang menempuh studi di IKIP Budi Utomo Malang mengunjungi Poskamling Cerdas Literasi. Mereka melihat langsung aktivitas anak-anak belajar di tempat tersebut.

Dalam kunjungannya, lima mahasiswa asal Portugal, Madagaskar, Thailand, dan Vietnam itu juga melihat koleksi buku di poskamling yang juga difungsikan untuk taman baca atau perpustakaan mini.

Tak hanya melihat aktivitas belajar membaca buku. Mereka memberikan pembelajaran bahasa Inggris serta bersosialisasi untuk mengenal lebih dekat bersama warga.

Kedatangan para mahasiswi asing itu sontak menarik perhatian warga dan anak-anak yang sedang berada di poskamling untuk membaca buku. Salah satu mahasiswa asal Portugal, Sora Reis, sempat mengajarkan angka-angka dalam bahasa Portugis. "Uma (satu), dois (dua), três (tiga), quatro (empat), cinco (lima)," ucapnya.

Sedangkan Dang Phi Phuy Dung, mahasiswa asal Vietnam, sempat bermain congklak bersama anak-anak dengan ditemani Bodoaravong Meva dari Madagaskar, Sareena Pohchach dan Suhaibah Bulah dari Thailand. 

Warga dan anak-anak berkumpul untuk melihat langsung warga Vietnam dalam memainkan permainan tradisional anak-anak tersebut. Pertemuan warga asing dengan warga setempat itu pun berlangsung dalam suasana gembira dan bersahabat.

Keberadaan Poskamling Cerdas Literasi itu sebagai arena bersosialisasi bagi warga lokal, tapi juga mempertemukan mereka dengan mahasiswa sejumlah negara dalam suasana persahabatan. 

Mereka tidak hanya sekadar ingin melihat poskamling yang menjadi binaan IKIP Budi Utomo tersebut, tapi sekaligus tukar budaya. Bahkan, mahasiswa berbagai negara itu berniat melakukan pengabdian kepada masyarakat bersama civitas akademika kampus setempat.

Para mahasiswi asing itu sangat mengapresiasi adanya Poskamling Cerdas Literasi. Keberadaan tempat itu menjadi dinilai bisa menginspirasi daerah lainnya.

Ketua Pengembangan IKIP Budi Utomo Malang Nurcholis Sunuyeko kepada wartawan mengatakan, kunjungan para mahasiswi sejumlah negara ke Poskamling Cerdas Literasi tersebut merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

"Mereka di Malang belajar bahasa Indonesia sehingga kami pun ingin mengajak mereka untuk praktik lapangan dan bersosialisasi dengan warga. Kami mengajak mereka ke Poskamling Cerdas Literasi ini rangkaian studi lapangan dalam upaya berbagi pengetahuan dan budaya kepada anak-anak," ujarnya.

Karena itu, IKIP Budi Utomo mengapresiasi inisiatif warga dalam mengembangkan budaya literasi untuk mencerdaskan anak bangsa dalam menghadapi persaingan global. Warga memberikan nilai tambah pada poskamling sebagai ruang baca selain juga untuk jaga malam. Jadi, upaya warga setempat itu sangat kreatif dan inovatif. 

Untuk itu, civitas akademika IKIP Budi Utomo Malang menyatakan siap membina warga sekaligus memberikan pelatihan bahasa Inggris mengingat Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, merupakan jalur wisata. (*)

Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top