Universitas Brawijaya Nobatkan Diri sebagai Kampus Pertama yang Terapkan Smart Classroom

Ilustrasi
Ilustrasi

MALANGTIMES - Perkembangan teknologi dalam menunjang pendidikan semakin dimanfaatkan Universitas Brawijaya (UB). Saat ini, lima kelas Fakuktas Ilmu Komputer sudah memanfaatkan perkembangan teknologi Multimedia Auto Recording smart Hybrid Learning (MASH) Classroom.

Dengan sistem tersebut, UB pun menobatkan diri sebagai kampus pertama di Indonesia yang menggunakan Smart Classroom.

Rektor UB, Prof Dr Ir Mohammad Bisri MS menjelaskan dengan kerjasama yang terjalin bersama perusahaan teknologi besar dunia, yaitu ZTE, menjadikan peningkatan cara pembelajaran modern di UB menjadi lebih baik lagi. 

Rekto UB Prof Dr Ir Mohammad Bisri (dua dari kiri) (Foto: Anggara Sudiogko/ MalangTIMES)

Dengan menggunakan sistem kelas pararel, sistem belajarnyapun bisa menjadi sangat optimal. Dimana masuk dalam konsep live virtual teaching. Dimana dosen bisa mengajar beberapa kelas sekaligus dalam satu waktu.

"Sehingga dengan teknologi ini, belajar mengajar bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kalau untuk penerapan Smart Classroom sudah diterapkan sejak pertengahan April 2017 yang lalu," ucap Bisri, Senin (07/05/2017).

Dengan penerapan Smart Classroom, para mahasiswa kini bisa dengan mudah mendapatkan suatu materi pembelajaran dari para dosen ataupun pengajarnya, dengan membuka melalui berbagai jenis gadget entah itu laptop, tablet komputer ataupun handphone.

"Nah sangat mempermudah aksesibilitas mahasiswa dalam belajar. Karena hal ini sudah memungkinkan untuk beroperasi dan menangkap semua aktivitas secara mandiri tanpa operator dan staf teknis, sehingga sangat bermanfaat sekali," ungkapnya.

Selain mempermudah mahasiswa dalam belajar, teknologi yang dilengkapi dengan Artificial Intelligent (AI) ini tentunya juga akan mempermudah dosen dalam mengajar. Dimana teknologi tersebut bisa melakukan proses editing rendering dan penciptaan konten yang terbentuk video secara otomatis, sehingga mahasiswa bisa menyaksikan kembali materi yang telah diajarkan lewat video.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Aditya Fachril Bayu
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top