Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tak Mau Kecolongan Seperti Polres Malang, Lapas Lowokwaru Perketat Pengamanan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

29 - Apr - 2017, 12:50

Kepala Pengamanan Lapas Lowokwaru, Sarwito(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala Pengamanan Lapas Lowokwaru, Sarwito(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pasca kaburnya tahanan seperti yang terjadi Polres Malang, pihak LP Lowokwaru Kota Malang lebih meningkatkan keamanan dan ketertiban dari segala hal. Para pengunjung atau penjenguk tahanan sekarang harus menempuh berbagai syarat ketat untuk masuk dan keluar. 

Baca Juga : Selamat !! Satu Pasien Positif Corona di Lumajang Dinyatakan Sembuh

Kalapas  Lowokwaru Krismono BC.IP.SH melalui Kepala Satuan Pengamanan,  Sarwito AMD.IP.SH menjelaskan untuk syarat masuk petugas mengharuskan pengunjung mendaftar dan antri lalu meninggalkan identitas seperti KTP atau SIM. Setelah itu, diberi tanda stempel pada lengan dan kartu pengunjung serta diberikan gelang khusus yang sulit untuk dilepas dan juga memeriksa setiap barang bawaan pengunjung dan diwajibkan untuk tidak membawa alat komunikasi saat memasuki area lapas.

“Untuk gelang yang di pasang akan digunting saat pengunjung telah selesai dan akan keluar meninggalkan LP dan diberikan stempel lagi sebagai tanda sudah masuk,” Ujar Sarwito.

"Jadi kami lebih ketat dalam melakukan pengamanan, menghindari hal buruk terjadi, kami beberapa waktu yang lalau juga sudah memusnahkan barang sitaan dari warga binaan, berupa handphone dan barang yang berpotensi bahaya lainnya,"tambahnya

Sarwito menambahkan sebenarnya pengamanan ini sudah dilakukan sebelum peristiwa di Polres Malang dan kejadian di beberapa tempat lainnya  terjadi, namun setelah adanya peristiwa itu maka pengamanan pun semakin diperketat baik pemeriksaan terhadap laki-laki ataupun wanita yang masuk dan keluar.

"Apalagi tahanan juga semakin meningkat, jadi pengamanan juga semakin kami perketat," jelasnya

Baca Juga : 10 Daerah Resmi Dapat Persetujuan Terapkan PSBB

Sementara itu, salah satu pengunjung Lapas Manda Stefany(23) yang mengunjungi kerabatnya mengatakan, pemeriksaan sangat ketat. Bahkan ia juga diharuskan masuk kesebuah ruangan untuk diperiksa badan oleh petugas wanita.

"Ya ketaksekali mas, sampai sepatu saya juga suruh lepas, dan dilihat dalam sepatu, mungkin takutnya juga ada barang berbahaya yang  disembunyikan didalam sepatu, makanan-makanan pun juga diperiksa,"bebernya

Ia juga berharap kedepannya LP Lowokwaru lebih maju lagi dalam semua hal mulai dari ketertiban keamanan guna menghindari hal yang tidak diharapkan seperti kaburnya tahanan di Polres Malang tempo hari. 


Topik

Peristiwa Polres-Malang LP-Lowokwaru


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus