Konsumsi Teh Hijau Bila Ingin Turunkan Berat Badan

Konsumsi teh hijau bermanfaat bagi kesehatan dan juga bisa menurunkan berat badan (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Konsumsi teh hijau bermanfaat bagi kesehatan dan juga bisa menurunkan berat badan (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Telah lama dikenal sebagai pengganti minuman seperti kopi, teh hijau lebih sehat karena memiliki kandungan kafein dan antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol.

Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang hanya dikukus sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin.

Sedangkan, teh hitam atau teh oolong dibuat dari daun yang difermentasi, sehingga menyebabkan hilangnya senyawa anti oksidan.

Beberapa penelitian menemukan bahwa  minum teh hijau secara teratur lebih rendah memiliki resiko menderita sakit jantung dan bahkan kanker.

Pembaca setia MALANGTIMES, teh hijau ternyata juga dapat menurunkan berat badan. 

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Kulit dr Sinta Murlistyarini.

"Memang konsumsi teh hijau baik bagi mereka yang sedang dalam masa ingin menurunkan berat badan," kata Sinta pada MALANGTIMES, Rabu (19/4/2017).

Mengapa demikian? Para ilmuwan mengidentifikasi enam jenis katekin dalam teh hijau salah satunya adalah epigallocatechin gallate (EGCG).

EGCG dalam teh hijau ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh manusia, sehingga mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori, yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan.

Teh hijau juga akan mendetoksifikasi tubuh dan menekan nafsu makan, sehingga bisa mencegah keinginan makan berlebih.  

Bagaimana? Pembaca ingin mencoba konsumsi menambahkan menu sehat ini pada pola makan Anda? (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top