Ini Tips Sederhana Merawat Kulit dari Luar

Ilustrasi (foto: Kata Dia)
Ilustrasi (foto: Kata Dia)

MALANGTIMES - Pembaca yang baik, melakukan perawatan kulit tidak melulu ribet dan harus mengeluarkan biaya besar. Ada beberapa langkah mudah yang dapat kita lakukan.

Meski sederhana, ternyata bermanfaat lho bagi kulit kita. Apa saja?

Bila pembaca sering memangkas jam tidur, sebaiknya Anda harus mulai berpikir ulang. Sebab, tidur malam yang cukup menjaga kesehatan kulit.

"Perawatan kulit dari luar yang pertama saya sarankan untuk tidur malam yang cukup, yaitu selama 8 jam, karena pada saat tidur terjadi proses regenerasi sel," tutur dokter spesialis kulit dr Sinta Murlistyarini kepada media online terbesar di Indonesia ini.

Setelah seharian beraktivitas terkena sinar matahari dan polusi, kulit menjadi tidak sehat. Tidur cukup bisa membuat kulit memperbaiki dirinya sendiri karena didukung oleh asupan oksigen yang dibawa oleh aliran darah saat Anda terlelap.

Langkah selanjutnya ialah Anda rutin membersihkan kulit baik wajah maupun anggota badan. "Membersihkan badan bisa dilakukan dengan mandi dua kali sehari dengan sabun yang mengandung pelembab," kata dokter cantik yang membuka praktik di Jalan Diponegoro, Kota Malang, itu.

Selanjutnya, tips sederhana yang bisa Anda praktikkan ialah pemakaian pelembab agar kulit lebih sehat, lembab, halus, dan lembut. Pelembab digunakan sesudah membersihkan wajah karena kondisi kulit lebih lembab sehingga penyerapan krim lebih baik.

Pemilihan pelembab sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Untuk jenis kulit wajah normal, tingkat kelembaban alami kulit sudah cukup baik. Disarankan memilih pelembab wajah berbahan dasar air karena teksturnya ringan dan tidak lengket di kulit.

Jenis kulit wajah kering disarankan menggunakan pelembab yang mampu meningkatkan kelembaban kulit secara intens. Lain lagi dengan jenis kulit sensitif yang mudah berjerawat. Kulit jenis ini sulit menoleransi bahan-bahan kimia. Makanya, pelembab yang digunakan sebaiknya terbuat dari bahan-bahan alami seperti lidah buaya maupun chamomile.

Pembaca yang memiliki jenis kulit berminyak disarankan untuk menghindari pelembab wajah yang berbahan dasar minyak. Sebaliknya, gunakan pelembab yang formulanya bersifat oil-free atau bebas minyak. (*)

Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top