Ini Nih Rahasia Dapur Nasi Bakar Saus Kari Apel

MALANGTIMES bersama chef Karyono memasak nasi bakar saus kari apel. (foto: dok.MALANGTIMES)
MALANGTIMES bersama chef Karyono memasak nasi bakar saus kari apel. (foto: dok.MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Nasi bakar ialah resep yang cukup terkenal di Indonesia. Banyak orang menggemari menu makanan yang konon berasal dari Bandung ini.

Sesuai namanya, nasi bakar adalah olahan nasi yang dibakar dengan bumbu tertentu. Sensasi rasanya gurih dan enak. Aroma bekas pembakaran semakin menambah kenikmatan sajian yang satu ini.

Beberapa resep nasi bakar mungkin sudah banyak pembaca setia MALANGTIMES ketahui bukan?

Beberapa sajian menu itu ialah nasi bakar teri, nasi bakar pampis tuna, nasi bakar cumi pete, nasi bakar ayam jamur, nasi bakar asam manis pedas, nasi bakar ati, dan masih banyak menu nasi bakar lainnya.

Buah apel khas Malang ternyata dapat diolah dan disajikan bersama dengan nasi bakar. Wah, seperti apa ya kelezatan nasi bakar bila dipadu dengan saus olahan apel Malang?

MALANGTIMES bersama juru masak Gets Hotel Malang Karyono mengolah buah dengan bumbu-bumbu khas nasi bakar. Yuk, simak rahasia dapur berikut ini.

Untuk membuat nasi bakar, langkah pertama adalah menumis bawang merah hingga layu, kemudian masukkan cabe hijau, cabe rawit merah, cabe merah kemudian tumis semuanya hingga harum. Tambahkan ayam lalu aduk hingga berubah warna dan matang. 

Setelah itu, panaskan minyak lalu tumis bawang merah hingga harum. Tuangkan santan, serai, daun salam, dan garam serta kaldu bubuk. Masak hingga mendidih. Setelah itu, masukkan beras.

Biarkan santan terserap dan nasi menjadi aron. Setelah itu masak nasi selama kurang lebih 20 menit, kemudian angkat.

Karyono yang sejak tahun 1990 silam menekuni dunia kuliner ini menjelaskan, kunci kelezatan nasi bakar ada di pemilihan nasi putih.

"Sebaiknya, nasi putih dipilih tekstur yang agak kesat lalu ditambahkan dengan santan agar sensasi rasa lebih gurih," tutur juru masak berusia 46 tahun itu.

Langkah selanjutnya memasak nasi bakar ialah menyiapkan selembar daun pisang. Beri nasi yang sudah matang dan tambahkan tumisan ayam sebanyak 2 sendok makan.

Bungkus nasi menjadi seperti lontong, kemudian semat dengan lidi. Siapkan wajan atau panggangan panas. Kemudian bakar nasi hingga harum. 

Saus kari apel yang menjadi pelengkap nasi bakar pun mudah lho membuatnya. Kunci saus ini selain bumbu kare powder, juga ada pemilihan buah apel. "Apel Malang itu punya cita rasa asam yang pas bila disajikan dengan nasi bakar," kata Karyono. 

Begitu nasi bakar saus kari apel terhidang di meja, sontan saja media online terbesar di Indonesia ini tergoda mencicipi.  Rasa asam dari apel Malang berpadu dengan gurih nasi bakar. Enak dan patut Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba! (*)

Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top