Jeruk Keprok Donowarih Siap Ramaikan Destinasi Wisata Kabupaten Malang

Bupati Malang Dr Rendra Kresna membuka kembali destinasi wisata baru, yaitu wisata petik jeruk keprok Donowarih, Kecamatan Karangploso, Jumat (14/04). (Nana)
Bupati Malang Dr Rendra Kresna membuka kembali destinasi wisata baru, yaitu wisata petik jeruk keprok Donowarih, Kecamatan Karangploso, Jumat (14/04). (Nana)

MALANGTIMES - Program optimalisasi pariwisata di Kabupaten Malang bukan isapan jempol belaka. Lewat berbagai pemetaan potensi desa, Pemkab Malang di bawah komando Dr Rendra Kresna ini terus mengangkat potensi-potensi desa yang ada.

Kini, Jum'at (14/04) Bupati Rendra kembali me-launching destinasi wisata baru. Yaitu petik jeruk Donowarih yang terletak di Dusun Borogragal, Desa Donowarih,  Kecamatan Karangploso. Rendra menyatakan, mengangkat kekhasan potensi yang ada di masing-masing desa, apabila dikelola dengan baik dan benar, akan mampu meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat setempat.

"Donowarih terkenal dengan hasil produksi buah jeruknya. Bahkan kesuburan pertaniannya ini bisa membangun desanya secara baik," kata Rendra.

Dia juga menyampaikan, dengan potensi tersebut, peningkatan taraf hidup warga Donowarih akan bisa lebih baik lagi apabila tanaman jeruk ini dikelola menjadi destinasi wisata petik jeruk. "Apalagi kini tren wisata juga mulai menuju wisata hortikultura atau wisata petik buah lokal," ujarnya.

Tahun 2015, luas areal kebun jeruk keprok Donowarih sekitar 50 hektare. Dengan hawanya yang sejuk, jeruk keprok ini telah lama menjadi primadona bagi para pecinta buah- buahan. Berbagai keunggulan inilah yang ditangkap Pemkab Malang sebagai upaya meningkatkan taraf hidup warga Donowarih.

Rendra yakin, launching wisata jeruk Donowarih akan semakin melengkapi destinasi wisata di Kabupaten Malang. Ditunjang dengan kesadaran warganya dalam paradigma pariwisata, jeruk keprok Donowarih akan bisa menjadi bagian dari ikon wisata yang semakin memperkaya Kabupaten Malang. Jantungnya Jawa Timur yang dicanangkan sebagai brand pariwisata Kabupaten Malang akan semakin terwujud. 

Rendra juga berjanji akan segera membenahi infrastruktur jalan menuju wisata petik jeruk Donowarih yang kini dalam kondisi kurang baik. Beberapa ruas jalan menuju lokasi wisata itu memang sudah banyak lubang yang tentunya akan mengganggu wisatawan.

"Kami secepatnya akan perbaiki jalan menuju lokasi petik jeruk ini. Untuk jalan yang langsung menuju lokasi, akan kami hotmix," ucap Rendra.

Dalam launching wisata petik jeruk Donowarih, Rendra didampingi Danramil 0818/28 Karangploso Kapten Arm Abdul Kodir, sekretaris Disparbud, kadis tanaman pangan hortikultura dan perkebunan, kadis PU SDA, PU Bina Marga, muspika, pemdes serta undangan dengan total 350 orang. (*)

Pewarta : Nana
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top