Ini Resep Rahasia Buat Jajanan Sempol Enak

Juru masak Gets Hotel Malang Karyono saat demo membuat jajanan sempol kari apel (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Juru masak Gets Hotel Malang Karyono saat demo membuat jajanan sempol kari apel (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Jajanan satu ini banyak digandrungi semua kalangan, mulai anak-anak sampai orang dewasa. Sekilas jajanan ini mirip cilok, cimol, atau sosis. 

Ditusuk mirip sate, jajanan yang konon katanya berasal dari Gondanglegi Kabupaten Malang ini dikenal dengan nama 'sempol'.

Sempol dibuat dari campuran ayam giling dan tepung tapioka. Adonan dibentuk bulat panjang dan ditusuk pada ujung bambu yang panjangnya sekitar 40 cm.

Bahan jajanan sempol ternyata cukup mudah ditemui dan tidak membutuhkan waktu lama lho untuk memasak. 

Juru masak Gets Hotel Malang, Karyono menjelaskan bahan dasar pembuatan sempol ialah tepung, bawang merah, bawang putih, serai, kunir, gula, garam, telur, dan santan.

Menurut pria asal Bojonegoro itu agar lebih nikmat dapat ditambahkan dengan menggunakan kare powder. 

Cara membuatnya jajanan sempol pun mudah. Daging ayam yang telah dihaluskan masukkan ke dalam wadah.

Kemudian, tambahkan tepung dan semua bumbu ke dalam daging. Selanjutnya, ambil sedikit bagian dan lilitkan ke ujung bambu. 

Rebus adonan yang telah dililitkan sampai adonan matang, lalu angkat dan tiriskan. Sempol siap digoreng apa bila sempol telah tiris dan dingin.

Bila biasanya sempol disajikan dengan saus tomat, Chef Karyono menyarankan saus kari apel.

"Apel yang digunakan adalah apel Malang, mengapa karena teksturnya lebih kasar sehingga tastenya juga lebih enak," jelas pria yang menekuni dunia kuliner sejak tahun 1990 itu, Rabu (12/4/2017).

Karyono menjelaskan membuat saus kari apel cukup menambahkan bumbu kari dengan tepung, sambal dan potongan apel Malang.

Mudah bukan? Soal rasa dijamin sempol saus kari apel ini enak dan gurih.

Apa sih resep rahasia buat jajanan sempol enak nan gurih itu? Karyono menjelaskan apabila semua bergantung racikan bumbu.

Selain itu, ia menyarankan daging ayam yang telah dicincang diblender agar lebih halus.  

"Daging ayam yang diblender secara tekstur akan lebih halus sehingga turut pula mempengaruhi rasa sempol," tandasnya. (*)

Editor :
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top