Mitos Seputar Jerawat, Ini Kata Dokter

Ilustrasi (sumber: bebasjerawatan.blogspot.com)
Ilustrasi (sumber: bebasjerawatan.blogspot.com)

MALANGTIMES -  Semua orang pasti pernah mengalami masalah jerawat. Seorang peneliti bernama Kligmann menyebut 'tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa jerawat di kulit."

Namun, penyebab jerawat seringkali dipengaruhi kepercayaan tak berdasar. Banyak yang masih percaya pada mitos seputar jerawat yang terlanjur tumbuh di kalangan masyarakat.

Ada yang meyakini bahwa penyebab jerawat dikarenakan mengkonsumsi coklat. Memang, ada jenis coklat tertentu yang memiliki kandungan lemak tinggi, tetapi jenis dark chocolate ternyata malah punya kandungan gula rendah.

Mitos lain, jerawat meradang dapat disembuhkan bila berjemur di tengah terik mentari. Ada yang meyakini apabila terkena sinar matahari selama 20 menit setiap harinya akan dapat membantu menyembuhkan jerawat.

Agar mendapat pemahaman terkait penyebab jerawat dari sisi medis, MALANGTIMES berkonsultasi dengan dokter kecantikan, Dr. Albert Wijaya. 

Dokter tampan itu mengungkapkan bila jerawat bisa diatasi dengan membersihkan wajah tiga kali sehari agar kotoran tidak menempel di wajah.

“Untuk kulit wajah berminyak sebaiknya minimal membersihkan wajah tiga kali sehari,” papar dokter salah satu klinik di Malang itu.

Ia juga menyarankan agar menghindari makanan berlemak. Tidak hanya makanan yang mengandung lemak, olahan kuliner pedas juga perlu dihindari.

Bila ingin bebas dari jerawat, sebaiknya tidak mengonsumsi susu, keju, dan coklat berlebihan.

Tidak kalah penting ialah pola tidur cukup supaya kulit wajah tetap sehat. “Dianjurkan tidur minimal tujuh jam setengah ya,” ujar lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma itu.

Tingkat stress ternyata memicu tumbuhnya jerawat lho. Oleh sebab itu, jangan heran bila remaja berjerawat saat menderita stress di sekolah atau kampus.

"Sangat disarankan bagi mahasiswa untuk tidak terlalu stress karena bisa jadi itulah penyebab wajah kalian berjerawat," pungkasnya. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : Angga .
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top