Ternyata Ini Efek Keberadaan Playground di Alun- alun Merdeka

Anak-anak sedang asik bermain playground di Alun- alun Merdeka Malang, Selasa (28/3/2017) (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Anak-anak sedang asik bermain playground di Alun- alun Merdeka Malang, Selasa (28/3/2017) (foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mendedikasikan Kota Malang sebagai Kota Layak Anak, kini Pemkot Malang menambahkan wahana bermain anak di ruang terbuka publik seperti wahana permainan anak (playground) di Alun- alun Merdeka Kota Malang. 

Terbukti, wahana yang baru diresmikan beberapa hari lalu oleh pemkot itu, mampu menyedot animo wisatawan yang berkunjung, terutama keluarga yang membawa anaknya.

Memang pemerintah mendesain dan mengkonsep taman terbuka publik dengan menambah beragam wahana yang bisa bermanfaat bagi pengunjung. Salah satu wahana yang dikerubungi pengunjung pada Selasa (28/3/2017) sore itu yaitu wahana playground.

Pemerintah Kota Malang untuk pengadaan playground ini diharapkan mampu memberikan ruang refreshing dan edukasi anak bermain di ruang outdoor. Karena selama ini playgroud hanya ditemui di ruang indoor di sekolah pendidikan anak yang bisa digunakan pada jam operasional sekolah saja.

Berbeda dengan playground yang berada di Alun- alun Merdeka Malang, keberadaannya difungsikan bagi pengunjung untuk bisa dinikmati kapan saja. Terlihat, desain playground full colour yang memanjakan anak untuk aktif bermain seluncuran, terowongan. Sehingga playground dapat difungsikan sebagai perangsang perkembangan psikologis anak.

Para orangtua sembari membawa anaknya yang ingin bermain nampak antri menunggu giliran. Bahkan, saking tak sabarnya menunggu antrian, beberapa anak sampai menangis ingin mencicipi terowongan playground.

Salah satu pengunjung asal Blimbing yang membawa anaknya bermain playground, Sulasih mengatakan playground memang penting untuk mendukung percepatan perkembangan mental anak. 

"Saya sangat senang pemkot memberikan wahana permainan bagi anak secara gratis. Apalagi ditempatkan di Alun- alun sangat pas sekali," kata perempuan pengajar les anak tersebut.

Adanya playground ini, menurut Sulasih sangat senang, anak-anak dapat bermain lepas sesuai dengan keinginannya. Selain itu, playground memang seharusnya ditempatkan di ruangan yang terbuka umum seperti ini.

"Jadi semua orangtua bisa menjajal playground di sini dengan gratis. Selain itu, mental anak akan aktif dan terlatih dengan sendirinya," ujar perempuam berhijab tersebut.

Dia mengungkapkan, sekilas anak yang bermain playground terlihat bercanda tawa. Namun sebenarnya mereka tidak hanya bermain tapi sedang belajar mengasah mental.

"Jadi, playground di sini juga sebagai alat bermain sekaligus belajar meningkatkan motorik anak," pungkas Sulasih

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top