Seminar Internasional Sains, Ajang Berdiskusi Para Ilmuwan

Ketua panitia Seminar Internasional Sains, Hari Arief, D.PhD (foto Hendra Saputra/MALANGTIMES)
Ketua panitia Seminar Internasional Sains, Hari Arief, D.PhD (foto Hendra Saputra/MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Brawijaya (UB) semakin mengepakkan sayapnya di dunia sains. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) mengorganisir seminar yang diikuti oleh 300 peserta baik dari dalam maupun luar negeri.

Ketua panitia seminar nasional sains, Hari Arief, D.PhD mengatakan, seminar yang diberi nama "The 7th Annual Basic Science International Conference" atau Konferensi Internasional MIPA Tahun ke - 7 adalah sebagai ajang tukar pikiran antara para ilmuwan dan juga para ahli.

Dalam seminar tersebut, mereka mendiskusikan ide-ide inovatif di bidang penelitian ilmiah, begitu juga untuk mengatasi masalah-masalah modern melalui aplikasi pengetahuan yang bersumber dari ilmu pengetahuan.

"Kita mengundang pembicara di bidang science. Di sini sharing, mengembangkan kerjasama di bidang keilmuan MIPA, menyampaikan hasil riset dan mendiskusikannya," kata Hari usai acara, Rabu (08/03/17).

Cakupan dari konferensi ini adalah riset dasar dan terapan di bidang kimia, biologi, fisika, dan matematika. Asal mula konferensi ini diadakan pada tahun 2000, oleh Fakultas MIPA UB, dengan nama Seminar Nasional Kemipaan (National Science Conference).

Semenjak itu, konferensi tersebut diadakan rutin setiap tahunnya. Pada tahun 2004, konferensi ini berganti nama menjadi Basic Science Seminar (BSS) dan mulai mengundang pembicara & peserta internasional. Konferensi ini meluaskan cakupannya lagi menjad internasional pada tahun 2011 dan secara resmi menggunakan nama "Basic Science International Conference".

Acara yang dibuka untuk umum ini menurut Hari Arief juga sangat bagus. Selain menambah peserta yang kompeten di bidang sains, juga untuk meningkatkan wawasan baru di keilmuan MIPA. "Tiap peserta yg ikut akan presentasi dan yang disampaikan peserta pasti itu terbaru," sambungnya.

"Harapannya adalah untuk memberi kontribusi dalam keilmuan di bidang science dan mengembangkan kerjasama lebih jauh," pungkasnya.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top