Kodim 0818 Dukung Program Penambahan Luas Tanam dan Produksi Padi Kabupaten Malang

Kodim 0818 bersama Pemkab Malang siap menyukseskan penambahan luas tanam dan produksi dalam acara Panen Raya Padi di Desa Pandanrejo Pagak, Kamis (16/02) sore
Kodim 0818 bersama Pemkab Malang siap menyukseskan penambahan luas tanam dan produksi dalam acara Panen Raya Padi di Desa Pandanrejo Pagak, Kamis (16/02) sore

MALANGTIMES - Keterlibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dalam mendukung ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan bangsa, bukan hanya didasari adanya MoU (Memorendum of Understanding) belaka, tetapi sebagai bentuk kesadaran atas lahirnya TNI dari rahim rakyat yang notabene adalah petani.

Dengan dasar tersebut, Kodim 0818 Wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu akan selalu siap dan mendukung berbagai program pertanian bersama petani dan Pemkab Malang menyukseskan ketahanan pangan di Kabupaten Malang.

"Kami akan selalu ada untuk hal tersebut. Misal sekarang adanya kebijakan Pemerintah Pusat untuk menambah luas tanam dengan target peningkatan hasil produksi sekitar 28 persen dari tahun lalu," kata Komandan Kodim (Dandim) 0818  Letkol. Arm. Muridan. S.Si., M.Sc.  Kamis (16/02) sore dalam acara  Panen Raya Padi di Desa Pandanrejo Kecamatan Pagak Kabupaten Malang.

Muridan juga mengatakan, adanya target penambahan jumlah produksi padi sekitar 28 persen dari Pemerintah Pusat akan berat dicapai kalau seluruh elemen berjalan sendiri-sendiri.

"Asumsinya kenaikan produksi padi dengan lahan sekarang 71.433 hektar menjadi 95.652 hektar. Tetapi beban berat ini akan menjadi ringan kalau kita bergerak bersama," ujarnya yang mengutip pengarahan Bupati Malang bahwa pemkab akan membantu untuk urusan pengairan  irigasi, alat sistem pertanian (alsistan) dan juga benih bagi petani.

"Kami dari Kodim juga siap meminjamkan Alsistan dan pendampingan petani seperti tahun lalu. Selain itu anggota kami di desa juga akan membantu dalam pengawasan pupuknya kalau terjadi hal tidak diinginkan," tegas Muridan.

Dalam acara tersebut Dandim 0818 ikut secara langsung memanen padi dan penanaman padi bersama Bupati Malang, Wakil Bupati, Kapolres Malang serta jajaran dinas terkait dan Muspika dari lima kecamatan.

Pewarta : Dede Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : debyawan erlansyah
Sumber : Malang TIMES (JatimTimesNetwork)
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top