Dishub Ubah Image Hanya Urusi Parkir dan Terminal

Kadishub Kabupaten Malang Hafi Lutfi di ruang kerjanya, Kamis (16/02). (Foto: Nana/MalangTIMES)
Kadishub Kabupaten Malang Hafi Lutfi di ruang kerjanya, Kamis (16/02). (Foto: Nana/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Malang bakal berubah. Kepala Dishub Hafi Lutfi mengatakan saatnya mengubah image di dalam masyarakat mengenai keberadaan dinas yang baru dipimpinnya ini.

Dia merasa selama ini masyarakat, bahkan DPRD Kabupaten Malang, terlalu lekat mencitrakan dishub dengan dua urusan saja, yaitu parkir dan terminal. "Ini yang sedang kami coba ubah. Dishub tidak hanya bertugas di dua ruang itu saja," ujarLutfibdi ruang kerjanya, Kamis (16/02) kepada MALANGTIMES.

Citra dishub tersebut memang diakui Lutfi terlalu lekat dalam pikiran banyak orang. Padahal dishub juga memiliki fungsi dalam memperlancar arus lalu lintas, baik kendaraan maupun penyeberang jalan, rambu-rambu dan kelaikan jalan sampai pada sistem informasi bagi pengguna jalan.

"Ini yang sedang kami kuatkan di tahun ini, terutama dalam menyinergikan program kedinasan dengan program optimalisasi pariwisata," kata Lutfi.

Dia menerangkan dalam dua bulan terakhir ini sudah memasang rambu dan informasi di wilayah Malang Selatan sebanyak 50 buah. "Tujuannya agar wisatawan baik dalam maupun luar daerah terbantu saat mendatangi lokus-lokus wisata yang ada di Kabupaten Malang," imbuhnya. .

Lutfi berjanji akan terus meningkatkan beberapa program yang bisa meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada di wilayah perhubungan. "Saya contohkan kondisi terminal yang kita ketahui bersama. Kita coba memanfaatkannya menjadi ruang interaksi masyarakat setempat yang bisa memberi nilai tambah," katanya.

Dengan slogan BISA (brilian, inovatif, speed, akuntabel), mantan kepala BPBD Kabupaten Malang ini akan melakukan optimalisasi sumber daya manusia (SDM) perangkatnya. "Ini sudah mulai kami lakukan. Misalnya jam kerja menjadi 7 hari 24 jam serta penyebaran perangkat dishub setiap pagi bersama polantas untuk mengurai kemacetan," terangnya. Jadi, masyarakat bisa tahu bahwa tugas dishub bukan hanya mengurusi parkir dan terminal.

Dalam konteks pariwisata, Lutfi juga mengatakan akan terus melakukan berbagai kegiatan yang nantinya akan memberikan rasa nyaman kepada wisatawan. "Kita telah koordinasi secara intensif dengan provinsi dan pusat mengenai bantuan anggaran dalam menguatkan pariwisata yang masuk dalam ranahnya dishub, seperti kelengkapan rambu-rambu lalu lintas dan berbagai medium informasi," ucap Lutfi. (*)

Pewarta : Nana
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top