Kapolres Malang : Waspadai Okerbaya Sasar Anak Sekolahan

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung memperlihatkan barang bukti narkoba yang didominasi obat keras berbahaya (okerbaya) di Mapolres Malang (15/02) (Nana)
Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung memperlihatkan barang bukti narkoba yang didominasi obat keras berbahaya (okerbaya) di Mapolres Malang (15/02) (Nana)

MALANGTIMES - Kapolres Malang meminta kepada anggotanya untuk lebih intensif mewaspadai banyaknya peredaran Obat Keras Berbahaya (Okerbaya) di masyarakat akan menyasar anak sekolahan. 

Hal ini didasarkan pada murahnya okerbaya dijual oleh para pengedar yaitu seharga Rp. 10 ribu untuk 10 butir.

"Ini perlu diwaspadai, dengan harga seperti itu bisa jadi okerbaya juga diedarkan di anak sekolahan yang setiap hari dapat uang saku lebih dari Rp. 10 ribu,"kata AKBP. Yade Setiawan Ujung, Rabu (15/2/2017) di Mapolres Malang.

Selain harga yang murah, okerbaya ini juga peredarannya cukup masif di Kab. Malang dibandingkan dengan jenis narkotika lainnya, seperti Sabu-sabu maupun ganja.

Data dari Polres Malang antara tanggal 2 Februari sampai dengan 13 Februari 2017 (12 hari) kepolisian mencatat penyalahgunaan okerbaya menduduki peringkat pertama yaitu 20 kasus dengan 26 tersangka.

"Total selama 12 hari operasi tercatat ada 39 kasus dengan 49 tersangka. Okerbaya yang terbanyak, setelah itu kasus Sabu-sabu (SS) 17 kasus dengan tersangka 19 dan ganja 2 kasus yang melibatkan 4 tersangka,"ungkap Kapolres Malang yang juga menekankan kepada anggotanya untuk terus aktif memberantas peredaran narkoba dikarenakan dari total kasus tersebut 36 tersangka adalah pengedar sedangkan pemakai 13 orang.

"12 hari operasi tumpas narkoba semeru 2017 yang kita ciduk didominasi pengedar, baik yang baru maupun yang kambuhan,"imbuhnya.

Dari 39 kasus barang bukti yang diamankan kepolisian adalah okerbaya sejumlah 8.331 butir, SS 27,4 gram dan ganja 7,36 gram.

"Perangi terus narkoba agar generasi muda khususnya para pelajar di sekolahan terhindar dari godaannya. Para pengedar narkoba ini akan terus mencoba untuk menjadikan mereka konsumennya. Mereka bahkan mengedarkan okerbaya dengan harga yang terjangkau anak-anak,"pungkas Ujung.

Pewarta : Nana
Editor :
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top