Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kota Malang Urutan Ketiga Inflasi Tertinggi di Jawa

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

14 - Feb - 2017, 15:57

Kepala BI Cabang Malang Dudi Herawadi(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala BI Cabang Malang Dudi Herawadi(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kota Malang menempati urutan ketiga di wilayah Jawa untuk angka inflasi tertinggi bulan Januari 2017. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai inflasi Kota Malang pada Januari 1,45 persen.

Masalah inflasi itu diungkapkan Kepala Bank Indonesia Cabang Malang Dudi Herawadi. "Ada 26 kota yang memang sudah disurvei terkait jumlah inflasinya. Peringkat pertama ada Surabaya yang disusul Kabupaten Jember, lalu Kota Malang," ungkapnya. 

Tingginya inflasi itu disebabkan saat ini harga cabai pun masih sangat tinggi. Fata dari BPS Kota Malang, juga disebutkan faktor  yang membuat naik angka inflasi adalah harga cabai, tarif perpanjangan STNK, maupun tarif listrik.

 "Ya cabai ini yang memang saat ini jadi penyumbang inflasi. Melihat harganya pada 2017 ini  mencapai Rp 100 ribu lebih per kilogram," ucap Dudi. "Bahkan saya tahu di pasar harganya ada yang sampai Rp 130 ribu per kilogram. Ya kami akan berupaya untuk mencegah naiknya inflasi ini. Diperkirakan, mahalnya harga cabai sendiri bisa berlangsung sampai bulan depan (Maret)," sambungnya.

Upaya yang dilakukan oleh BI (Bank Indonesia) salah satunya adalah menerapkan urban farming yang nantinya akan bekerja sama dengan PKK Kota Malang. Sejumlah anggota PKK memang sudah menjalankan program itu. "Urban farming ini ya mereka hendaknya bisa menana mcabai di lahan kosong yang mereka miliki. Jangan hanya ditanami bunga," kata Dudi. (*)


Topik

Peristiwa kota-malang inflasi badan-pusat-statistik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus