Ratusan Mahasiswa Demo untuk Merebut Kedaulatan Ekonomi Rakyat

Ratusan mahasiswa APMB melakulan aksi demo mengembalikan kedaulatan ekonomi rakyat di Kantor DPRD Kota Malang (Foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)
Ratusan mahasiswa APMB melakulan aksi demo mengembalikan kedaulatan ekonomi rakyat di Kantor DPRD Kota Malang (Foto: Imam Syafii/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ratusan Aliansi Pemuda Malang Bersatu (APMB) melakukan aksi demo di Kantor DPRD Kota Malang, Jumat (13/1/2017).

Aksi mereka menuntut pergantian rezim kebijakan Presiden RI, Joko Widodo untuk menurunkan harga BBM, pencabutan PP Nomor 30 Tahun 2009 Pasal 72, kenaikan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan pencabutan subsidi listrik. 

Mereka membuat barisan di depan Kantor DPRD Kota Malang berorasi sembari membawa banner bertuliskan 'Turunkan harga BBM, Cabut Subdsidi listrik dan rebut kedaulatan ekonomi rakyat'. 

Humas APMB Malang, Didik Aprilianto mengatakan aksi demo ini masyarakat menuntut kebijakan pergantian rezim dari presiden untuk dicabut kembali. 

"Kebijakan ini sangat mencekik ekonomi rakyat. Kami ingin merebut kedaulatan ekonomi rakyat agar kesejahteraan mereka dapat terpenuhi," kata Didik. 

Pergantian rezim pemerintah memang silih berganti setiap periodiknya. Namun belum juga mampu menunjukkan kekuatan ekonomi dan politik secara berdaulat. 

"Jokowi karakteristik pengabdian yang diberikan hanya untuk penguasaan modal saja. Malah kebijakannya tidak mencerminkan keberpihakan terhadap rakyat Indonesia," terangnya. 

Menurutnya, sepanjang pemerintahan Jokowi telah diwarnai dengan berbagai peristiwa yang telah meninggalkan luka bagi rakyat. Dia mencontohkan seperti kasus korupsi berkeliaran, penggusuran tanah di ibu kota, dan kekerasan anti demokrasi yang terjadi penahanan. 

"Sekarang malah ada pergantian rezim kenaikan harga pokok, BBM dan pajak. Akibatnya banyak masyarakat yang diresahkan dengkan kebijakan itu. Kami inginkan pengembalian kedaulatan ekonomi rakyat," ujarnya.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top