Inilah 5 Lumbung TKI Kabupaten Malang

Kadinaker Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo di ruang kerjanya menjelaskan lima lumbung TKI terbanyak di Kabupaten Malang 2016, Kamis (12/1/2017) (Foto : Nana/MalangTIMES)
Kadinaker Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo di ruang kerjanya menjelaskan lima lumbung TKI terbanyak di Kabupaten Malang 2016, Kamis (12/1/2017) (Foto : Nana/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Inilah lumbung Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di wilayah Kabupaten Malang yang setiap tahun warganya berbondong-bondong mengais rezeki ke luar negeri.

Dengan total TKI yang ke luar negeri tahun 2016 sebanyak 1.146 orang, wilayah Sumbermanjing Wetan (Sumawe) menjadi penyumbang terbanyak dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.

"Masih Sumawe yang terbanyak dengan faktor ekonomi dan ketidakterampilan di usaha lainnya,"kata Yoyok Wardoyo, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab. Malang, Kamis (12/1/2017).

Walaupun mengalami penurunan jumlah TKI setiap tahunnya, Sumawe tetap menjadi juaranya.

"Secara rata-rata jumlah TKI di wilayah Kabupaten Malang mengalami penurunan. Bahkan, di tahun 2016 turun sebanyak 823 orang dari tahun 2015," tutur Yoyok.

Urutan kedua dipegang Kalipare dengan jumlah TKI tahun 2016 sebanyak 96 orang dari 146 pada tahun 2015. Untuk urutan ketiga ada di wilayah Gedangan dengan jumlah 89 orang.

"Urutan keempat di Kecamatan Bantur dan kelima di Donomulyo. Semua berada di wilayah Malang Selatan,"kata Yoyok.

Dari data Disnaker Kabupaten Malang jumlah TKI di wilayahnya terbanyak terjadi di tahun 2013 yaitu sejumlah 4.178 orang dari total kecamatan yang ada.

"Sekarang sudah turun drastis. Artinya program-program Pemerintah, baik pusat, provinsi dan tentunya daerah telah mampu memberikan ruang kerja bagi warga,"ujar Yoyok yang juga mengatakan di Disnaker terus dikembangkan program kerja pelatihan-pelatihan keterampilan bagi warga dalam upaya mengerem laju warga mengais rezeki ke luar negeri. 

"Selain pelatihan kita juga sering memberikan alat-alat keterampilan bagi warga agar ada tindaklanjut dari hasil pelatihan," katanya yang di tahun 2017 ini juga akan tetap memberi porsi terhadap peningkatan kapasitas usaha masyarakat Kabupaten Malang.

Pewarta : Dede Nana
Editor :
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top