Pemkot Instruksikan Dinas PU Perluas Gorong-Gorong di Wilayah Banjir Pandanwangi

Wali Kota Malang, H. M. Anton akan melakukan pantauan langsung wilayah terdampak banjir usai menggelar rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Malang. (Foto : Imam Syafii/MalangTIMES)
Wali Kota Malang, H. M. Anton akan melakukan pantauan langsung wilayah terdampak banjir usai menggelar rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Malang. (Foto : Imam Syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wali Kota Malang bertindak cepat dalam menangani banjir di Kawasan Perumahan De'Clauster Nirwana Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Malang.

Langkah ini sebagai tindaklanjut laporan warga sekitar yang mengatakan bahwa penyebab banjir lantaran gorong-gorong tak berfungsi optimal, Kamis (12/1/2017)

"Kami mendapat laporan dari warga setempat bahwa terjadi banjir lagi beberapa hari lalu di wilayah itu. Jadi sekarang saya akan meninjau langsung apa penyebab banjir di perumahan tersebut," kata Abah Anton usai menggelar Rapat Paripurna di Kantor DPRD Kota Malang yang salah satunya membahas tentang proses penanganan banjir di Kota Malang. 

Menurutnya, pemerintah akan melakukan perluasan dan mengoptimalkan saluran gorong-gorong di wilayah yang terdampak banjir. 

"Sebelumnya, di kawasan itu juga terjadi banjir dengan ketinggian air sekitar 70 centimeter dan menggenangi beberapa rumah," terangnya. 

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Pemkot Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum akan menormalkan gorong-gorong dan menata kembali drainase secara maksimal. 

"Kami ingin ada sinergitas dari pengembang dan masyarakat sekitar untuk menjaga lingkungan. Karena banjir terjadi akibat ulah manusia sendiri," tuturnya.

Dia mencontohkan, banjir di wilayah Jalan Galunggung dan jalan amblas lebih disebabkan drainase tak berfungsi. Selain itu, akibat banyaknya bangunan yang berdiri di atas sungai.

"Kalau di Pandanwangi itu memang ada bangunan pabrik yang berdiri di atas sungai maka kita akan melihat dulu prosedurnya, kalau menyalahi aturan kita sikat saja," ujarnya. 

Peraturan Daerah Kota Malang No. 5 Tentang Bangunan menyebutkan jika bangunan melanggar ketentuan Perda maka Satpol PP wajib segera melakukan penertiban.

Pewarta : imam syafii
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top