987 Siswa SMA Lab UM Lakukan Tes Urin

Salah satu siswa telah melakukan tes urin. (Anggara Sudiongko/Malang Times)
Salah satu siswa telah melakukan tes urin. (Anggara Sudiongko/Malang Times)

MALANGTIMES - Menanggulangi pelajar yang terjerat narkoba, sebanyak 987 siswa SMA Laboratorium UM melakukan tes urin.

Bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional(BNN) Kota Malang, tes urin berjalan secara berurutan. Tiap siswa memasukan urin di dalam wadah yang sudah disediakan oleh pihak BNN di mobil tes.

Kepala Sekolah SMA Laboratorium UU Rosdiana Amini Mpd menjelaskan, kegiatan ini rutin dilakukan dalam rangka pencegahan narkoba di kalangan pelajar. "Kami juga rutin ada penyuluhan dari BNN tentang bahaya narkoba kepada para siswa. Kami di kelas 11 juga ada pondok 11 dan pondok intensif. Kami beranggapan kalau para pelajar kuat, insya Allah mereka pun akan bisa menghindari hal-hal tersebut karena mereka sadar itu bukanlah hal yang baik," ujar dia.

Dalam setiap kegiatan yang dilakukan, SMA Laboratorium UM selalu mengampanyekan untuk melawan narkoba. Sementara, saat pendaftaran baru, memang tidak dilakukan tes urin. Namun, dalam hal ini para siswa dituntut untuk membuat surat hitam di atas putih bahwa mereka memang benar-benar tidak memakai atau mengonsumsi narkoba.

"Kegiatan ini sendiri merupakan tahun ketiga bagi kami. Alhamdulillah selama ini tidak ada tanda mencurigakan terkait penyalahgunaan narkoba. Memang ada beberapa yang sakit sehingga mengonsumsi obat untuk pengobatan. Tapi tidak banyak dan ada surat dokternya," ungkap Rosdiana.

Terkait kegiatan tes urin, salah satu siswa SMA Laboratorium UM, Ananda Ayunindi, dari kelas 10 mengungkapkan, kegiatan tersebut angat positif sekali dan harus terus diadakan untuk memerangi narkoba agar tidak semakin merajalela di kalangan pelajar.

"Narkoba ini kan perusak bangsa. Jad,i harus diberantas biar enggak menyebar ke mana-mana. Apalagi di kalangan pelajar sebagai penerus bangsa. Jadi, kegiatan ini juga harus rutin diadakan," ujarnya. (*)

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top