Kromoleo, Potensi Wisata Air Desa yang Masih Tertidur

Tugu masuk wisata air Kromoleo Senggreng Sumberpucung, Minggu (08/01) (foto. Nana MALANGTIMES)
Tugu masuk wisata air Kromoleo Senggreng Sumberpucung, Minggu (08/01) (foto. Nana MALANGTIMES)

MALANGTIMES- Wisata air Kromoleo Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung selain sebagai sumber pengairan sawah juga memiliki potensi unggulan sebagai destinasi wisata air desa. 

Pemandangan elok berupa hamparan sawah dengan sistem terasering, bentangan embung yang luas dengan beragam ikan, keteduhan lokasi yang dinaungi pepohon sepanjang jalan aspal yang mulus, adalah sebagian keunggulan wisata air Kromoleo.

Sayangnya segala keunggalan tersebut masih tertidur dan belum terolah dalam manajemen wisata desa.

"Kromoleo masih belum tergarap secara maksimal. Sampai saat ini hanya warga sekitar dan desa sebelah yang sering datang kesini,"kata Raka Gilang Purnama, Sekretaris Desa Senggreng.

Raka juga mengatakan kendala dalam memaksimalkan potensi wisata air Kromoleo adalah dana. "Iya masalahnya dana, desa masih konsentrasi pada pembangunan fisik lainnya,"ujarnya kepada MALANGTIMES, Minggu (08/01).

Dari pantauan di lokasi, Wisata air Kromoleo bisa difungsikan sebagai ruang relaksasi masyarakat. Baik untuk memancing, berperahu mengelilingi embung atau sekedar menikmati pemandangan yang asri dan jauh dari kebisingan.

Suasana wisata air Kromoleo, Minggu (08/01) siang

"Sudah lama kita memiliki niat tersebut. Tetapi memang bertahap, setelah jalan selesai, plengsengan embung dan beberapa kursi kayu, kita memang akan kembangkan lagi,"ujar Raka.

Harapan Pemerintah Desa Senggreng, potensi wisata air Kromoleo yang letaknya berada di Dusun Krajan, sekitar tiga kilometer dari jalan raya Senggreng, bisa juga dibantu dengan pendanaan dari pemerintah.

"Mungkin kalau dari desa terbentur dengan sumber daya manusia dan dana,"kata Raka yang juga mengatakan Kromoleo tidak kalah bagusnya dengan wisata Kecopoan.

Ibarat perawan desa, Kromoleo memang masih alami dan belum tersentuh. "Kalaupun nanti kita kembangkan menjadi wisata sebenarnya, kita tetap berharap tetap terintegrasi dengan kondisi alam seperti sekarang ini,"imbuh Raka.

Pewarta : Nana
Editor :
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top