Pemerintah Tetapkan Roadmap Dukung Perkembangan e- Commerce

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) (paling kanan) bersama Menteri PUPR, Rektor UB dan Menko Perekonomian (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) (paling kanan) bersama Menteri PUPR, Rektor UB dan Menko Perekonomian (Foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES- Kemajuan teknologi diharapkan bisa berdampak pada pada sektor bisnis maupun sektor UMKM. Kemajuan yang dibarengi dengan kemajuan dari sektor UMKM tersebut diharapkan bisa berkolaborasi menjadi pendukung dalam upaya untuk memajukan industri UMKM.

Karena itulah kemajuan sektor UMKM menarik perhatian pemerintah untuk lebih mengembangkan sayapnya. Hal ini diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudi Antara ketika berkunjung ke Universitas Brawijaya (UB), Sabtu (07/01/2017).

Selain itu ia juga mengungkapkan, kemajuan yang signifikan ini pastinya akan berdampak pada sektor ekonomi, apalagi nantinya jika semua bisa beralih dalam ekonomi digital, e- Commerce yang diharapkan nilai transaksinya sangat besar. Karenanya pemerintah saat ini sangat serius menggarap hal ini.

"Keseriusan dalam menggarap hal ini dibuktikan pemerintah melalui penetapan Roadmap e- Commerce oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, beberapa menteri juga sudah membubuhkan parafnya. Ini bentuk dukungan pemerintah pada perkembangan e- Commerce di Indonesia yang pada tahun 2020 ditargetkan dapat mencapai Rp130 miliar," jelasnya.

Roadmap nantinya juga akan keluar dalam bentuk Perpres. Lanjutnya, setelah melalui proses yang panjang yang dimulai sejak tahun 2015 lalu, tepatnya Desember, Roadmap e- Commerce pun telah dinyatakan rampung.

"Ini benar-benar program nasional, bukan hanya kerja pemerintah saja, namun juga mendorong sektor privat dan juga semua masyarakat," terangnya.

Di dalam Roadmap e-Commerce tersebut, terdapat program- program pengembangansumber daya manusia serta  pendanaan untuk e- Commerce. Dimana khusus untuk pendanaan prosesnya akan diselesaikan secara bertahap. Link lama sekitar pertengahan 2018, yang diperkirakan jumlah pendanaannya mencapai Rp 1 triliun yang berbentuk investasi dan berjangka

"Ini kan merupakan dana yang besar jadi bentuknya ya harus harus cocok untuk start up," bebernya.

Dari hasil ketetapan, Roadmap hasil dari koodinasi beberapa menteri sebagai berikut:

1. Logistik yang terkait pengiriman dan efisiensi biaya pengiriman.
2.Pendanaan, dimana terkait pembentukan badan untuk penyaluran hibah dana.
3. Perlindungan konsumen, dimana membangun kepercayaan konsumen melalui regulasi.
4. Infrastruktur komunikasi, berkaitan dengan peningkatan infrastruktur komunikasi nasional sebagai tulang punggung pertumbuhan industri e- Commerce.
5. Pajak, berkaitan dengan melakukan penyederhanaan kewajiban perpajakan atau tata cara perpajakan bagi para pelaku startup e- Commerce, pemberian insentif pajak investor e-Commerce maupun Startup.
6. Pendidikan SDM, yakni memberikan edukasi dan pengetahuan bagi semua e- Commerce baik secara offline maupun online.
7.Cyber Security, dalam hal ini memberikan peningkatan kesadaran bagi pedagang atau pelaku online serta publik tentang bagaimana pentingnya keamanan transaksi elektronik.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
  • Bantu 1,4 Juta KPM Bantuan Pangan, Kemensos Genjot Jumlah E-Warung dan RPK

    Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa jumlah Keluarga Penerima Manfaat Bantuan (KPM) Pangan sebanyak 1,4 juta akan segera mendapatkan bansos di tahun ini.

  • Main Bola di Bibir Pantai Gatra

    Rombongan kami tiba di lokasi Clungup Mangrove Conservation (CMC) pada pukul 13.30 WIB.

  • Trending, Puluhan Ribu Cuitan #UmatMenjagaUlama

    Media sosial berlogo burung biru Twitter sedang banjir tagar #UmatMenjagaUlama.

  • Kabupaten Malang Digelontor Bansos Rp 328 Miliar oleh Kementerian Sosial

    Tahun 2017, Kementerian Sosial Republik Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) sebesar Rp 328 Miliar kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kabupaten Malang.

  • Reza Pukau Bupati Malang

    Reza Nur Aini (17), siswi kelas 11 MA Darul Huda, Tlepu, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), memukau Bupati Malang Rendra Kresnabdalam acara Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Hibah Dalam Negeri.

  • 2017, Bantuan PKH Berkurang di Kabupaten Malang

    Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI tahun 2017 di Kabupaten Malang menurun, baik secara kuota penerima maupun besaran jumlah bantuan.

  • AYOjek, Aplikasi Arek Malang yang Nggak Hanya Pesan Ojek

    Dunia kini mulai beralih ke serba digital. Hampir seluruh kota di Indonesia diduduki GOjek. Tukang ojek hijau yang dipesan lewat aplikasi itu seolah memperkuat bahwa kita sedang di era apa saja tinggal tekan tombol pada smartphone.

  • Mensos Minta Yayan Belajar yang Baik supaya Jadi Ustad

    Menteri Sosial (Mensos) RI Khififah Indar Parawansa mengunjungi Pondok Pesantren Bahrul Maghfiro di Jalan Joyo Agung No 2 Tlogomas, Kecamatang Lowokwaru, Kota Malang, Minggu (22/1/2017) malam. Kedatangannya dalam rangka menjenguk Yayan (15), saudara kemba

  • Sejenak di Pantai Ungapan

    Matahari kian meninggi saat kami melanjutkan perjalanan. Deru suara laut dan keindahan yang terbentang sepanjang perjalanan lagi-lagi menggoda kami untuk sejenak menepi. Pilihan kami jatuh pada Pantai Ungapan.

  • DPRD Kabupaten Malang Minta Antisipasi Tenaga Kerja Asing Ilegal

    Komisi B DPRD Kabupaten Malang meminta Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk proaktif menjalin koordinasi dengan pihak kepolisian dan imigrasi dalam upaya mengantisipasi maraknya isue Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk Indonesia s

  • Serunya Piknik Berlatar Pegunungan Jalur Lingkar Selatan

    Perjalanan terus berlanjut. Cuaca bersahabat hingga kami pun memutuskan berhenti sebentar. Pegunungan Kabupaten Malang yang terbentang di Jalur Lingkar Selatan (JLS) menggoda kami.

  • Dilepas Gus Lukman, Rombongan Berangkat Arungi Pantai Malang

    Keindahan pantai di wilayah Kabupaten Malang tak lagi dapat diungkapkan dengan kata-kata. Penikmat pantai tentu hafal betul pantai-pantai indah itu berderet di sepanjang bibir Pantai Selatan Malang.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top