18 Tahun Wanita Ini Jadi Pemulung

Memulung, Bawa Anak di Gerobak

Riska memulung di kawasan Jalan Cengkeh bersama si kecil (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Riska memulung di kawasan Jalan Cengkeh bersama si kecil (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bila wanita masih saja mengeluh ini dan itu, cobalah baca kisah nyata berikut ini. Siang itu (Jumat, 6/1/2017) MALANGTIMES menyusuri kawasan Jalan Cengkeh Lowokwaru Kota Malang. 

Di depan bangunan ruko, ada wanita menuntun gerobak. Menariknya, diatas gerobak berwarna biru berlapis terpal itu duduk seorang balita.  MALANGTIMES menghentikan langkah wanita itu. Terik mentari membakar wajahnya.

Ada seulas senyum ketegaran dan ia pun buru-buru menyapa. "Ada apa Ning?" ujarnya ramah seraya membetulkan jilbab.

Wanita itu bernama Riska. Usianya 26 tahun. Ia berasal dari Pontianak. Dengan tutur halus, ia memulai kisah. "Cari rongsokan Ning," tuturnya sambil mengendong si kecil. 

Si kecil Latifa Ayu Rahma berusia tiga setengah tahun. Balita malang inilah yang sehari-hari menemani sang Bunda memulung. Ditanya soal sang suami, Riska berujar bila sang suami juga sama seperti dirinya menjadi pemulung. 

Pekerjaan ini sudah mereka jalani selama 18 tahun. "Dari jaman belum menikah sampai sudah menikah saya memulung," katanya sambil mengulas senyum. 

Menanggung beban hidup selama puluhan tahun, membuat Riska tegar. Tak ada sedikit pun mengeluh. Dengan lancar, ia bertutur seputar pahitnya kehidupan yang ia jalani. Ia pun terpaksa melahirkan di bawah pohon. 

Simak terus kisah hidup dan ketegaran pemulung wanita bernama Riska hanya di MALANGTIMES. (*)

Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : debyawan erlansyah
  • Main Bola di Bibir Pantai Gatra

    Rombongan kami tiba di lokasi Clungup Mangrove Conservation (CMC) pada pukul 13.30 WIB.

  • Trending, Puluhan Ribu Cuitan #UmatMenjagaUlama

    Media sosial berlogo burung biru Twitter sedang banjir tagar #UmatMenjagaUlama.

  • Kabupaten Malang Digelontor Bansos Rp 328 Miliar oleh Kementerian Sosial

    Tahun 2017, Kementerian Sosial Republik Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) sebesar Rp 328 Miliar kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kabupaten Malang.

  • Reza Pukau Bupati Malang

    Reza Nur Aini (17), siswi kelas 11 MA Darul Huda, Tlepu, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), memukau Bupati Malang Rendra Kresnabdalam acara Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Hibah Dalam Negeri.

  • 2017, Bantuan PKH Berkurang di Kabupaten Malang

    Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI tahun 2017 di Kabupaten Malang menurun, baik secara kuota penerima maupun besaran jumlah bantuan.

  • AYOjek, Aplikasi Arek Malang yang Nggak Hanya Pesan Ojek

    Dunia kini mulai beralih ke serba digital. Hampir seluruh kota di Indonesia diduduki GOjek. Tukang ojek hijau yang dipesan lewat aplikasi itu seolah memperkuat bahwa kita sedang di era apa saja tinggal tekan tombol pada smartphone.

  • Mensos Minta Yayan Belajar yang Baik supaya Jadi Ustad

    Menteri Sosial (Mensos) RI Khififah Indar Parawansa mengunjungi Pondok Pesantren Bahrul Maghfiro di Jalan Joyo Agung No 2 Tlogomas, Kecamatang Lowokwaru, Kota Malang, Minggu (22/1/2017) malam. Kedatangannya dalam rangka menjenguk Yayan (15), saudara kemba

  • Sejenak di Pantai Ungapan

    Matahari kian meninggi saat kami melanjutkan perjalanan. Deru suara laut dan keindahan yang terbentang sepanjang perjalanan lagi-lagi menggoda kami untuk sejenak menepi. Pilihan kami jatuh pada Pantai Ungapan.

  • DPRD Kabupaten Malang Minta Antisipasi Tenaga Kerja Asing Ilegal

    Komisi B DPRD Kabupaten Malang meminta Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk proaktif menjalin koordinasi dengan pihak kepolisian dan imigrasi dalam upaya mengantisipasi maraknya isue Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk Indonesia s

  • Serunya Piknik Berlatar Pegunungan Jalur Lingkar Selatan

    Perjalanan terus berlanjut. Cuaca bersahabat hingga kami pun memutuskan berhenti sebentar. Pegunungan Kabupaten Malang yang terbentang di Jalur Lingkar Selatan (JLS) menggoda kami.

  • Dilepas Gus Lukman, Rombongan Berangkat Arungi Pantai Malang

    Keindahan pantai di wilayah Kabupaten Malang tak lagi dapat diungkapkan dengan kata-kata. Penikmat pantai tentu hafal betul pantai-pantai indah itu berderet di sepanjang bibir Pantai Selatan Malang.

  • Banyak Perda Retribusi Parkir Berlangganan Dianulir Pusat, DPRD Kabupaten Malang Jalan Terus

    Sekitar 3.143 Peraturan Daerah (Perda) termasuk tentang retribusi parkir berlangganan yang dianulir pusat sejak tahun- tahun lalu, ternyata tidak mengendorkan niat DPRD Kabupaten Malang terus mewujudkan hal tersebut.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top