Perkuat Ketahanan Pangan, Tahun Ini Pemerintah Bangun 39 Bendungan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menerima cindera mata dari Rektor UB (berbaju merah), Kamis (5/1/2017) (Anggara/MalangTIMES)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menerima cindera mata dari Rektor UB (berbaju merah), Kamis (5/1/2017) (Anggara/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tahun ini pemerintah pusat serius membangun infrastruktur yang berkaitan dengan ketahanan pangan, air, dan perumahan. 

Konkretnya, pemerintah akan membangun sebanyak 39 bendungan untuk membantu memperlancar proses pertanian guna menjaga ketahanan pangan di Indonesia.

"Rinciannya 30 bendungan merupakan bangunan lama dan 9 bendungan baru," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, saat menghadiri Diskusi Publik Kebijakan Pemerintah di Universitas Brawijaya, Kamis (5/12/2017).

Ditambahkan, Kementrian PUPR juga akan mulai membangun waduk di sejumlah daerah seperti di Aceh yakni Rukoh, serta Waduk Lausimeme (Sumatera Utara), Sidan di Bali, di NTT, Way Apu Maluku maupun Ogan Komering dan juga Papua.

Selain membangun waduk, pihaknya juga akan membangun saluran atau jaringan irigasi baru seluas 80 ribu hektar dan melakukan  rehabilitasi 274 ribu hektar jaringn irigasi.

"Kami juga akan membangun sarana pengelolaan air maupun pengendalian banjir sepanjang 154 kilometer," imbuhnya.

Dijelaskan, dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membagi DIPA dari APBN 2017 ke berbagai sektor yang berkaitan langsung dengan kesejahteraan masyarakat.

"Bidang konektivitas, ketahanan air atau pangan, perumahan, dan permukiman merupakan empat bidang yang menjadi prioritas Kementrian PUPR," jelasnya. 

Untuk merealisasikan sejumlah proyek itu, anggaran yang diberikan oleh Kementrian PUPR sebesar 32,77 persen atau sekitar Rp 33,263 triliun kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA).

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor :
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top