Brimob Digeruduk Ratusan Pelajar SMK

Siswa SMK N 6 Malang mencoba langsung perlengkapan Tim Anti Anarkis (AA) milik Brimob, Rabu (4/1/2017) (Foto : Rully Novianto/MalangTIMES)
Siswa SMK N 6 Malang mencoba langsung perlengkapan Tim Anti Anarkis (AA) milik Brimob, Rabu (4/1/2017) (Foto : Rully Novianto/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Siang tadi, Rabu (4/1/2017), 400 siswa SMK N 6 Malang menggeruduk Markas Komando (Mako)  Detasemen B Pelopor Satuan Brimob Polda Jatim. Kedatangan mereka pun disambut  pasukan Brimob bersenjata  lengkap.

Ratusan siswa tersebut sengaja datang bukan untuk membuat kerusuhan, melainkan ingin lebih dekat mengenal Brimob.

Keinginan tersebut direspon positif oleh satuan Brimob karena saat ini pasukan elit milik Polri tersebut sedang intensif mendekatkan diri kepada masyarakat.

Salah satu upayanya adalah menyelenggarakan program  Wisata Juang, yaitu program wisata plus edukasi untuk mengenalkan fungsi dan tugas Brimob.

Kepala Detasemen B Satuan Brimob Polda Jatim, AKBP Sunadi, mengatakan, bahwa program Wisata Juang menjadi peluang bagi satuannya untuk mengenalkan sejarah Brimob yang belum dikenal masyarakat luas. 

"Kami ingin lebih dekat kepada masyarakat, dengan demikian kami dapat menjelaskan sejarah Brimob yang heroik," jelas Sunadi.

Sunadi melanjutkan, bahwa program Wisata Juang dapat berfungsi untuk mereorientasi kedisiplinan pelajar, supaya mampu bertanggungjawab atas amanah yang telah diberikan orangtua dalam menuntut ilmu.

Lebih detail pria ramah yang dekat dengan jurnalis ini menjelaskan, bahwa program tersebut bisa menjadi sarana yang efektif untuk meluruskan persepsi masyarakat yang salah kepada Brimob.

Menurutnya, banyak masyarakat acuh kepada Brimob,  karena Brimob garang dan menakutkan. Padahal menurutnya, satuan dibawah komandonya ramah kepada masyarakat, dan hanya tegas kepada pelaku kejahatan.

"Sejak kecil pola pikir kalian sudah terbentuk untuk takut kepada Brimob, takut ditangkap, takut dipukul dan dipenjara, padahal kami tidak pernah menangkap orang, kalian lihat sendiri kan anggota Brimob ramah baik semua," ucap Sunadi di hadapan siswa SMK N 6.

Selain mengenalkan sejarah Brimob,  dalam program tersebut, siswa juga dikenalkan dengan beragam kelengkapan senjata milik Brimob, seperti baju yang biasa digunakan Tim Penjinak Bom, Body Armor EOD 9, dan kelengkapan tempur Tim Perlawan Teror (Wanteror) lainnya. 

Tidak hanya itu, siswa juga disuguhkan kelengkapan milik SAR Brimob dan Pasukan Anti Huru Hara (PHH).

Alhasil, semua kelengkapan Brimob yang dipamerkan menarik perhatian banyak siswa, tidak sedikit yang tertarik berfoto selfi, bahkan ada beberapa yang mencoba naik kedalam kendaraan taktis Baracuda.

Salah satu siswa, Fitria, mengaku senang mengikuti program Wisata Juang, menurutnya, program tersebut menyenangkan, selain dapat refreshing foto selfie dengan personel Brimob, dirinya juga dapat mengenal lebih dekat sejarah Brimob.

"Selama ini saya belum mengetahui detail sejarah Brimob, setelah datang ke mako, baru tahu ternyata Brimob memiliki kontribusi besar terhadap kemerdekaan RI, selain itu saya juga bisa foto bareng dengan Brimob yang ganteng, lumayan untuk update status," ucapnya sambil tersenyum.

Pewarta : Rully Novianto
Editor : Heryanto
Publisher : debyawan erlansyah
  • Bantu 1,4 Juta KPM Bantuan Pangan, Kemensos Genjot Jumlah E-Warung dan RPK

    Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa jumlah Keluarga Penerima Manfaat Bantuan (KPM) Pangan sebanyak 1,4 juta akan segera mendapatkan bansos di tahun ini.

  • Main Bola di Bibir Pantai Gatra

    Rombongan kami tiba di lokasi Clungup Mangrove Conservation (CMC) pada pukul 13.30 WIB.

  • Trending, Puluhan Ribu Cuitan #UmatMenjagaUlama

    Media sosial berlogo burung biru Twitter sedang banjir tagar #UmatMenjagaUlama.

  • Kabupaten Malang Digelontor Bansos Rp 328 Miliar oleh Kementerian Sosial

    Tahun 2017, Kementerian Sosial Republik Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) sebesar Rp 328 Miliar kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kabupaten Malang.

  • Reza Pukau Bupati Malang

    Reza Nur Aini (17), siswi kelas 11 MA Darul Huda, Tlepu, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), memukau Bupati Malang Rendra Kresnabdalam acara Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Hibah Dalam Negeri.

  • 2017, Bantuan PKH Berkurang di Kabupaten Malang

    Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI tahun 2017 di Kabupaten Malang menurun, baik secara kuota penerima maupun besaran jumlah bantuan.

  • AYOjek, Aplikasi Arek Malang yang Nggak Hanya Pesan Ojek

    Dunia kini mulai beralih ke serba digital. Hampir seluruh kota di Indonesia diduduki GOjek. Tukang ojek hijau yang dipesan lewat aplikasi itu seolah memperkuat bahwa kita sedang di era apa saja tinggal tekan tombol pada smartphone.

  • Mensos Minta Yayan Belajar yang Baik supaya Jadi Ustad

    Menteri Sosial (Mensos) RI Khififah Indar Parawansa mengunjungi Pondok Pesantren Bahrul Maghfiro di Jalan Joyo Agung No 2 Tlogomas, Kecamatang Lowokwaru, Kota Malang, Minggu (22/1/2017) malam. Kedatangannya dalam rangka menjenguk Yayan (15), saudara kemba

  • Sejenak di Pantai Ungapan

    Matahari kian meninggi saat kami melanjutkan perjalanan. Deru suara laut dan keindahan yang terbentang sepanjang perjalanan lagi-lagi menggoda kami untuk sejenak menepi. Pilihan kami jatuh pada Pantai Ungapan.

  • DPRD Kabupaten Malang Minta Antisipasi Tenaga Kerja Asing Ilegal

    Komisi B DPRD Kabupaten Malang meminta Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk proaktif menjalin koordinasi dengan pihak kepolisian dan imigrasi dalam upaya mengantisipasi maraknya isue Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk Indonesia s

  • Serunya Piknik Berlatar Pegunungan Jalur Lingkar Selatan

    Perjalanan terus berlanjut. Cuaca bersahabat hingga kami pun memutuskan berhenti sebentar. Pegunungan Kabupaten Malang yang terbentang di Jalur Lingkar Selatan (JLS) menggoda kami.

  • Dilepas Gus Lukman, Rombongan Berangkat Arungi Pantai Malang

    Keindahan pantai di wilayah Kabupaten Malang tak lagi dapat diungkapkan dengan kata-kata. Penikmat pantai tentu hafal betul pantai-pantai indah itu berderet di sepanjang bibir Pantai Selatan Malang.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top