Sungai Metro Kembali Diuji Coba sebagai Wisata Rafting

Uji coba wisata rafting Sungai Metro oleh Komunitas Arek Kepanjen.
Uji coba wisata rafting Sungai Metro oleh Komunitas Arek Kepanjen.

MALANGTIMES - Cukup lama areal Sungai Metro di Kepanjen diincar menjadi bagian destinasi wisata di Kabupaten Malang.

Sejak tahun 2012, areal Sungai Metro mulai menjadi bagian pembangunan dalam mewujudkan lahan terbuka hijau dan area wisata rafting. "Kami sudah menjajaki potensinya. Setelah Taman Puspa  dan Taman Sehati selesai, memang rencana akan dikembangkan areal rafting Sungai Metro," kata Renung Rubiyatadji, yang kini menjabat sebagai kepala bidang persampahan dan bahan berbahaya dan beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang.

Dia juga menyampaikan bahwa observasi lahan telah dilakukan, mulai penyusuran sepanjang dusa kilometer dari dekat lahan perumahan PNS Pemkab Malang di wilayah Desa Ngasem, Kecamatan Ngajum, hingga dekat TPA Talangagung.

"Sudah kami lakukan. Bahkan sudah kama uji coba rafting di Sungai Metro oleh Komunitas Arek Kepanjen," ujarnya. 

Menurut Renung, dari susuran saat rafting di Sungai Metro, setidaknya ada tujuh hingga delapan titik jeram. "Perlu  penataan sedikit, terutama batu-batu yang menghalangi jalannya rafting," ucapnya, lalu menambahkan di Sungai Metro juga ditemukan air terjun satu titik dari hasil limpahan air irigasi. 

Jalan masuk menuju sungai metro dari pintu masuk Taman Puspa Kepanjen (Foto Nana)

Rafting Sungai Metro mungkin berbeda dengan rafting di sungai lainnya, terutama alat yang dipakai bukan perahu karet. "Saat uji coba kami pakai ban hitam besar. Jadi, hanya dipakai oleh satu orang," ucap Renung.

Selain hal tersebut, RTH berupa Taman Puspa dan Taman Kehati juga sudah layak untuk dijadikan rest area dengan berbagai pepohon semisal kayu eboni, sengon, dan trambesi yang telah tumbuh dan meneduhkan lingkungan.

"Secara infrastruktur sudah memadai kalau aliran Sungai Metro dijadikan destinasi wisata baru," kata Renung.

Dalam kesempatan lain, Romdhoni yang dulu kepala dinas cipta karya dan tata ruang dan kini menjabat sebagai kepala dinas PU bina marga menyampaikan bahwa di akhir tahun 2015 DPRD Komisi C dan D juga sudah melihat langsung area tersebut.

"Mereka antusias waktu itu dengan catatan adanya penambahan dan pembenahan beberapa infrastruktur yang kini sudah terwujud semua," kata Romdhoni.

Dia menambahkan, apabila terealisasi, wisata rafting sungai Metro akan menambah destinasi wisata baru di Kabupaten Malang.

"Semoga terealisasi sehingga jadi salah satu tujuan lokasi wisata alternatif yang murah dan terjangkau oleh masyarakat," ucap Romdhoni. (*)

Pewarta : Nana
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
  • Aktivis Cantik ini Ternyata Seorang Barista

    Kopi sudah bukan lagi konsumsi kaum adam saja. Saat ini tidak sedikit kaum hawa yang jatuh cinta dengan minuman berwarna hitam pekat ini.

  • Aji Santoso Cari Pemain yang Mau Total untuk Nama Arema

    Pelatih kepala Arema FC, Aji Santoso ingin para pemainnya dapat fight di pertandingan melawan Mitra Kukar. Pasalnya ia tak mau terulang permainan buruk dan berujung kekalahan yang sudah menimpa timnya.

  • Aji Santoso Bertekad Akhiri Tren Negatif

    Kembali bermain di Stadion Gajayana, Kota Malang dalam lanjutan Liga 1 pekan ke 8, Aji Santoso bertekad akhiri periode kurang bagus di laga terakhir.

  • Miliki Destinasi Wisata Unik, Kota Malang Kian Cantik

    Kota Malang kian hari kian cantik saja. Hampir di setiap sudut kota kini masyarakat bisa menikmati indahnya taman kota. Tak hanya itu, kampung- kampung yang dulunya kumuh juga disulap menjadi kampung unik yang bisa menjadi destinasi wisata menarik.

  • SMK PGRI 3 Malang, SMK Swasta Terpilih Dalam Pilot Project PLN

    Dengan tenaga pendidik yang kompeten di bidangnya serta para lulusan yang banyak terbukti dalam dunia kerja, SMK PGRI 3 Malang terpilih menjadi salah satu sekolah yang terpilih sebagai pilot project peningkatan kompetensi peserta didik SMK Bidang Ketenaga

  • Mobil Terguling di Jalan Letjen Sutoyo Ternyata Milik Kapolsek Blimbing

    Mobil yang terguling dengan nomor polisi N 1000 GB di Jalan Letjen Sutoyo pukul 14.30 wib tepatnya di depan Hotel Savana dan juga Anang Karaoke diketahui merupakan milik Kapolsek Blimbing AKP Slamet Riyadi.

  • Tak Hanya Bidang Akademik, Siswa SMK PGRI 3 Malang Moncer Beladiri

    Tak hanya jago dan terpercaya dalam prestasi akademik, SMK PGRI 3 Malang banyak menorehkan prestasi non akademik. Salah satunya prestasi dalam bidang olah fisik atau beladiri yang dibuktikan dengan diborongnya sabuk juara berbagai jenis beladiri.

  • Model Rambut Pompadour Buat Kamu Terlihat Lebih Segar

    Kaum pria tentu tidak ingin ketinggalan style dengan kaum perempuan saat Ramadhan bukan? Sahabat, pasti juga akan memperhatikan penampilan mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut untuk selalu tampil segar sepanjang hari.

  • Pasar Takjil Soehat Belum Kantongi Izin

    Pemerintah Kota Malang menyoroti izin pedagang pasar takjil Ramadan di Jalan Soekarno-Hatta. Wali Kota Moch. Anton merasa belum memberikan izin pasar takjil Soekarno-Hatta tersebut.

  • Tabrak Pembatas Jalan, Avanza Terguling di Letjen Sutoyo

    Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Letjen Sutoyo, Kota Malang, tepatnya depan Hotel Savana dan Anang Karaoke sekitar pukul 14.40 Sabtu (27/5/2017).

  • Puisi Pendek (4)

    *dd nana

  • Yuk Tampil Syar'i dengan Dress Berbahan Adem

    Bulan Ramadan sering dijadikan momentum untuk memperbaiki diri bagi muslim di dunia. Tidak hanya perilaku sehari-hari dengan memperbanyak ibadah, tapi juga gaya berpakaian.

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top