MIN 1 Malang Isi Liburan dengan Belajar Bersama Guru Besar Okayama University Jepang

Profesor Masakazu Kita memberikan pembelajaran pada siswa, Selasa (27/12/2016) (Foto : Anggara/MalangTIMES)
Profesor Masakazu Kita memberikan pembelajaran pada siswa, Selasa (27/12/2016) (Foto : Anggara/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Malang kedatangan guru tamu istimewa dari Okayama University Jepang yakni Profesor Masakazu Kita.

Kedatangan rombongan dari Jepang ini bertujuan mengisi liburan ahkir semester dengan belajar bersama sejumlah siswa dari MIN 1 Malang kelas V dan kelas VI.

Terlihat anak-anak begitu semangat mengikuti paparan seputar ilmu sains oleh profesor tamu dari Jepang tersebut,  

Kepala Sekolah MIN Malang 1, Suyanto mengatakan sebenarnya kegiatan tersebut sudah diadakan sejak tahun lalu. Mahasiswa maupun Guru Besar dari Jepang sudah sering berbagi pengetahuan di lembaga yang dipimpinnya.

"Rombongan dari Jepang sebelumnya malah lebih banyak. Ada sekitar  11 orang. Kali ini hanya tiga orang. Mereka berbagi ilmu seputar sains, seperti pengaruh energi potensial karet pada kecepatan gerak mainan mobil, serta perkiraan cuaca dalam tinjauan sians," tandasnya.

Selain memberikan pengetahuan tambahan bagi siswa, lanjutnya, kunjungan kali ini juga bertujuan memberikan pengetahuan tambahan bagi guru.

Salah satunya tentang bagaimana cara memberikan pembelajaran yang berbeda. Mereka mengajarkan kepada para guru bagaimana mengemas proses pembelajaran menjadi lebih baik dan menarik.

"Kami harapkan semuanya bisa mengambil ilmu yang bermanfaat dari para pengajar Okayama University ini. Siswa juga bisa menjadi lebih aktif berkomunikasi agar wawasannya lebih berkembang sehingga siap menerima tantangan dunia global," jelasnya.

Sementara itu, Guru Besar Okayama University, Profesor Masakazu Kita mengatakan kehadirannya di MIN 1 Malang dalam rangka exchange (perutakaran, red) khususnya terkait dengan beasiswa dari Jepang untuk anak-anak Indonesia maupun sebaliknya. 

"Di sini kami juga mengajarkan tentang sains, contohnya memberikan pancingan pemahaman kepada siswa bagaimana analisis secara sains mengapa air laut terlihat berwarna biru," tutupnya.

Editor :
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top