Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Mannequin Challenge Sejarah

SMAN 1 Bululawang Pertontonkan Candi Kidal Lewat Mannequin Challenge

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Lazuardi Firdaus

17 - Dec - 2016, 20:13

Aksi Mannequin Challenge SMAN 1 Bululawang di Candi Kidal (Foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)
Aksi Mannequin Challenge SMAN 1 Bululawang di Candi Kidal (Foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Peserta nomor urut 2 dari video di Youtube yang berjudul "6 sejarah #MannequinChallenge!!MENAKJUBKAN!!!!", dalam perlombaan bak menjadi patung manekin yang diinisiasi oleh media online nomor 1 MalangTIMES dan penggiat sejarah Lontar Sansekerta, mengambil tokoh Raja Anusopati dan Panji Tohjaya di latar tempat Candi Kidal, Desa Rojokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Baca Juga : Musim Melaut, Para Nelayan yang Berlabuh di Kabupaten Malang Bakal Disemprot Antiseptik

Peserta dari SMAN 1 Bululawang, Kabupaten Malang ini mendeskrisipkan Candi Kidal dalam keikut sertaannya dalam Mannequin Challenge.

Candi ini adalah salah satu warisan dari Kerajaan Singosari. Candi ini dibangun sebagai bentuk penghormatan atas jasa besar Anusapati, yaitu Raja kedua dari Singhasari, yang memerintah selama 20 tahun (1227-1248). 

Namun Anusapati dibunuh oleh Panji Tohjaya sebagai bagian dari perebutan kekuasaan Singhasari, dan juga diyakini terkena kutukan dari Mpu Gandring.

Candi Kidal sendiri terbuat dari batu andesit dan berdimensi geometris vertikal. Kaki candi nampak agak tinggi dengan tangga masuk ke atas, kecil-kecil seolah-olah bukan tangga masuk sesungguhnya. 

Badan candi lebih kecil dibandingkan ruas kaki serta atap candi sehingga memberi kesan ramping. Atap candi terdiri dari 3 tingkat yang semakin ke atas semakin kecil dengan bagian paling atas mempunyai permukaan cukup luas.

Yang lebih mengesankan dari Candi Kidal adalah kepala kala yang dipahatkan diatas pintu masuk dan bilik-bilik candi. Kala merupakan salah satu aspek Dewa Siwa dan umumnya dikenal sebagai penjaga bangunan suci.

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

Hiasan kepala kala Candi Kidal nampak menyeramkan dengan mata yang melotot, mulut terbuka dan nampak 2 taringnya yang besar nan bengkok, sehingga memberi kesan dominan.

Corak Jawa Timuran melekat pada adanya taring di candi tersebut. Disudut kiri dan kanannya terdapat jari tangan dengan mudra (sikap) mengancam.

Dalam video yang ditampilkan, terlihat Raja Anusapati diperankan oleh Erfan, sedangkan Panji Tohjaya diperankan oleh Dino. Dan dalam video itu ada tiga orang sedang memegang senjata tajam dan seolah-olah akan membunuh. Itu dilakukan di depan Candi Kidal.

"Adanya Candi Kidal di sini (Bululawang), bisa kita manfaatkan untuk mengenang sejarah lewat mannequin," kata Shalih Fauzan.


Topik

Peristiwa Mannequin-Challenge MALANG-TIMES SMAN-1-bululawang Mannequin-Challenge-Sejarah


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Lazuardi Firdaus