Sentil Dinas Pendidikan Dalam 3R, Bupati Malang Larang Guru Suruh Murid Bawa Sampah ke Sekolah

Budi Ismoyo, Kadisdik Kabupaten Malang dan Bupati Malang (Ki-ka) dalam acara Penganugerahan Kecamatan Berseri dan pembukaan Lomba Dongeng (Foto: Nana/ MalangTIMES)
Budi Ismoyo, Kadisdik Kabupaten Malang dan Bupati Malang (Ki-ka) dalam acara Penganugerahan Kecamatan Berseri dan pembukaan Lomba Dongeng (Foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bupati Malang, Dr. Rendra Kresna dalam pembukaan acara Penganugerahan Kecamatan Berseri dan Lomba Dongeng di Pendopo Kepanjen, Kamis (15/12) sentil Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malang.

Sentilan Bupati Malang tersebut berkenaan adanya perintah guru-guru kepada murid untuk membawa sampah ke sekolah.
"Dinas Pendidikan agar memahami konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang sesungguhnya. Sekolah bukan tempat sampah, jangan suruh murid-murid bawa sampah," tegas Rendra Kresna di hadapan 200 peserta yang terdiri dari unsur Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kabupaten Malang.

Rendra juga menyampaikan kalau sekolah mau mempraktekkan bank sampah, caranya bukan menyuruh murid-murid dari rumah ke sekolah membawa sampah.

"Ubah saja dulu perilaku bersih, asri, lestari mengenai lingkungan di sekolah. Lingkungan berseri bukan sekedar indah dan sejuk saja tapi terpenting perilaku yang diharapkan jadi budaya," tuturnya yang sekali lagi menegaskan jangan ada perintah murid sekolah bawa sampah.

Selain menyentil Disdik, Bupati Malang juga secara berseloroh menanggapi penampilan peragaan busana daur ulang dari murid SMA Negeri 1 Kepanjen yang berlenggak lenggok di panggung Pendopo Kepanjen.

"Saya apresiasi terhadap anak-anak tadi, tapi saya yakin busana daur ulangnya tadi itu bahannya baru beli semua bukan daur ulang," ucapnya yang disambut tawa peserta.
Seloroh Rendra tersebut mengingatkan peserta bahwa penganugerahaan lingkungan tidak sekedar bentuk seremonial saja.

"Pahamai 3R sesungguhnya, praktikkan di lingkungan masing-masing dan jadikan budaya. Jangan sekedar digalakan saat acara seremoni belaka," tegasnya.

Pewarta : Nana
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top