Kabupaten Kelinci, Julukan Lain Kabupaten Malang

Kabupaten Kelinci, julukan lain bagi Kabupaten Malang
Kabupaten Kelinci, julukan lain bagi Kabupaten Malang

MALANGTIMES - Selain dikenal sebagai kabupaten dengan seribu pantainya, Kabupaten Malang juga memiliki julukan lain yang jarang diketahui yaitu Kabupaten Kelinci.
Julukan Kabupaten Kelinci ini sudah disandang Kabupaten Malang sekitar tahun 2013 dan semakin dikukuhkan dengan piagam MURI melalui bakar sate kelinci terpanjang sekitar 1.253 meter dengan jumlah 50.200 tusuk sate.
Kini julukan tersebut kembali didengungkan oleh orang nomor satu di Kabupaten Malang, saat menerima kunjungan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Pertanian Indonesia,  I Ketut Diarmita MP di Piringgitan Kabupaten Malang, Jumat lalu (02/12).
"Kabupaten Malang  juga dikenal sebagai kabupaten kelinci, karena budidaya kelinci berkembang pesat di sini. Jadi tidak hanya sekedar peternak sapi," kata Bupati Malang Dr. Rendra Kresna kepada I Ketut Diarmita MP yang berkunjung dalan rangka menyosialisasikan swasembada daging.
Rendra juga mengungkapkan dari data peternak kelinci yang ada setiap minggunya mampu mengirimkan sekitar 2.000 ekor kelinci untuk pasar nasional.
"Ini adalah bukti bahwa Kabupaten Malang adalah kabupaten kelinci. Para peternak kelinci setiap tahunnya meningkat," ujarnya.
Selain dijual sebagai menu kuliner daging kelinci yang rendah kolesterol, kelinci juga dijual sebagai souvenir atau hewan peliharaan yang banyak didapatkan di tempat-tempat wisata. 
Hal ini diungkapkan Ketua Himpunan Masyarakat Kelinci Indonesia (Himakindo) Jawa Timur, Winarto  yang mengaku dalam sebulan ia mampu menjual hampir 600 ekor kelinci baik dijual ke rumah makan ataupun sebagai hewan peliharaan.
"Dengan lahan yang semakin terbatas, beternak kelinci menjadi alternatif terbaik. Selain menguntungkan dari sisi finansial juga pemkab mendukung penuh peternak kelinci," kata Winarto,(06/12).

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Abdul Rahman
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top