Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Potensi Banjir 2017 Mengintai Kabupaten Malang

Penulis : Nana - Editor : Redaksi

05 - Dec - 2016, 16:58

Foto peta potensi banjir wilayah malang (Foto : BMKG Karangploso)
Foto peta potensi banjir wilayah malang (Foto : BMKG Karangploso)

MALANGTIMES - Kabupaten Malang masih diintai bencana banjir dengan curah hujan yang tinggi disertai angin dan badai sepanjang bulan Desember 2016 sampai Februari 2017.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Data yang dilansir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso, menyatakan potensi banjir karena curah hujan tinggi akan melanda beberapa kecamatan dengan frekuensi dan intensitas berbeda-beda, tetapi didominasi dengan skala tinggi dan menengah.

Kecamatan dengan potensi banjir skala tinggi berada di wilayah Kasembon, Pujon, dan Kalipare. Sedangkan banjir dengan skala menengah ada di Kecamatan Lawang, Dau, Poncokusumo, Bantur, Sumawe, Tirtoyudo, Ampelgading, Turen, Bululawang dan Bantur.

Prediksi BMKG Karangploso terhadap ancaman hujan tinggi telah terjadi dibeberapa kecamatan yang masuk garis merah, contohnya kec. Kalipare.

Di Dusun Bulurejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Sabtu (03/12/2016) terjadi tanah retak yang mengancam empat keluarga. Satu diantaranya yaitu rumah Umar, harus mengungsi karena rumahnya rusak parah.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

"Kita khawatir kerusakan parah pada rumah bisa membahayakan keselamatan,"katanya via telepon.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Hafi Lutfi, menjelaskan, empat rumah tersebut memang berada di area yang miring.

“Tanah retak karena hujan deras. Apalagi tanah labil karena tidak ada pohon-pohon besar yang bisa menahan air,” kata Lutfi, Minggu (4/12) malam.


Topik

Peristiwa Potensi-banjir BMKG-Karangploso Curah-Hujan-tinggi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nana

Editor

Redaksi