Bahas Raperda Kawasan Bebas Rokok, Dewan Perokok Tidak Semangat

Wakil Ketua DPRD Kota Malang, M.Zainuddin (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Wakil Ketua DPRD Kota Malang, M.Zainuddin (Foto : Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Perda tentang Cagar Budaya telah diajukan kepada DPRD Kota Malang.

Menariknya, dalam pantauan MalangTIMES, ada suasana yang berbeda saat para wakil rakyat ini melakukan pembahasan rancangan perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).  

Mereka terlihat kurang bersemangat. Bahkan, sejumlah anggota dewan khususnya yang masuk kategori perokok berat terlihat menggerutu menandakan tidak terlalu setuju jika perda itu disahkan.    

Wakil Ketua DPRD Kota Malang dari Fraksi PKB, M. Zainuddin mengakui kegelisahan teman-temannya di gedung dewan terkait perda ini nantinya.

Namun, jika nantinya jadi disahkan maka sesuai undang-undang perda ini harus dilaksanakan secara konsisten oleh semua orang termasuk para anggota dewan yang terhormat. 

"Meskipun teman-teman ada yang mengeluh, namun  itu nanti tetap harus sesuai perundang-undangan. Sebab, perda itu merupakan break down dari undang-undang di atasnya," jelasnya.

Dia memprediksi nanti perda ini akan menimbulkan pro dan kontra di gedung dewan sendiri, lebih-lebih di tengah masyarakat. 

"Ya mudah-mudahan jika perda itu nanti disahkan , ya teman-teman yang doyan merokok bisa jadi berkurang. Nanti arahnya mungkin kantor pemerintahan tidak boleh untuk tempat merokok. Biasa, pasti ada pro dan kontra. Untung saya nggak merokok," tandasnya.

Saat MalangTIMES mengikuti rapat sampai usai, terpantau memang banyak anggota dewan, khususnya yang masuk ketegori perokok terlihat sedikit mengeluh seraya menyampaikan joke-joke segarnya dengan teman anggota legislatif yang lain. "Wah ga iso rokokan maneh iki. Gak rokokan wes," kelekar sejumlah anggota dewan. 

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top