Wali Kota Malang, Akan Menertibkan Bangunan Yang Menyalahi Aturan IMB

 Wali Kota Malang, H. M. Anton akan menertibkan bangunan yang menyalahi aturan IMB. (foto imam syafii/MalangTIMES)
Wali Kota Malang, H. M. Anton akan menertibkan bangunan yang menyalahi aturan IMB. (foto imam syafii/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Usai meninjau langsung ke lokasi jalan ambrol yang berada di Jalan Terusan Bondowoso, Kelurahan Gading Kasri, Klojen, Malang. Rabu, (30/11/2016). Wali Kota Malang, H. M. Anton tahun 2017 mendatang akan menindaklanjuti dan menata bangunan yang menyalahi aturan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
"Saya melihat bangunan dengan kondisi yanag ada di sekitar (kawasan Jalan Terusan Bondowoso), ada beberapa bangunan kuk berdiri diatas sungai. Ini perlu diklarifikasi dan ditindaklanjuti," kata pria kerab disapa Abah Anton tersebut. 
Dia menjelaskan, bangunan yang menyalahi aturan IMB, Pemkot Malang akan mengatur penataan kembali sesuai dengan fungsinya. Penataan ini, memang membutuhkan regulasi secara khusus.
"Karena selama ini kami hanya bisa menegur mereka-mereka yang mendirikan bangunan yang tidak pada tempatnya.  Karena belum ada peraturan secara hukum untuk menindak mereka," terang pria nomor satu di Pemerintahan Kota Malang tersebut.
Dia melihat bahwa, sungai-suangai yang awalnya sebagai sumur resapan. Kini beralih fungsi menjadi perumahan, kos-kosan, atau bangunan lainnya.
"Sekarang sungai-sungai sudah mengecil beralih fungsi. Ternyata, disini banyak bangunan rumah yang letaknya bediri diatas sungai. Nanti mau nggak mau mereka harus ditertibkan," paparnya.
Menurut dia, persoalan itu kalau tidak ada tindakan, maka sampai kapanpun akan menjadi persoalan yang terus menerus. Padahal selama ini Pemkot Malang sudah membuat wing-wing solution gorong-gorong yang ada.
"Penanggungan ini salah satunya hanya jacking yang ada.Kami berharap tahun depan bisa mengatasi persoalan itu. Terhitung gorong-gorong hanya 175 meter yang tembus ke Sungai Metro," akunya.

Pewarta : imam syafii
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : debyawan erlansyah
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top