PNS Tidak Disiplin, Bupati Malang Marah-Marah

Bupati Malang Dr Rendra Kresna merasa kecewa dan malu terhadap ASN yang mengikuti HUT Korpri di Lapangan Kanjuruhan Kepanjen Malang (30/11).
Bupati Malang Dr Rendra Kresna merasa kecewa dan malu terhadap ASN yang mengikuti HUT Korpri di Lapangan Kanjuruhan Kepanjen Malang (30/11).

MALANGTIMES - Bupati Malang Dr Rendra Kresna merasa kecewa melihat aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Malang tidak disiplin saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) di Stadion Kanjuruhan, Rabu (30/11).

Kekecewaan orang nomor satu ini disebabkan peserta upacara yang merupakan ASN tidak bisa tertib dan berdisiplin saat upacara masih berlangsung karena sengatan panas matahari.

"Hanya karena panas matahari pagi, Anda semua sudah tidak tahan dan tidak tertib. Kalian semua adalah ASN yang jadi contohnya masyarakat," ujar Rendra.

Dia menegaskan, sebagai ASN, kedisiplinan adalah harga mati. "Jangan sampai masyarakat akhirnya menilai, adanya ASN ternyata tidak berpengaruh sama sekali terhadap mereka," ucapnya. Karena itu, Rendra meminta kepada seluruh ASN untuk mencontoh kedisiplinan tentara dan polisi.

Kekecewaan Bupati Malang dimulai  saat akan memberikan piagam dan penghargaan kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang masuk nominasi terbaik dari berbagai bidang.

Peserta yang berjumlah ratusan orang ASN mulai tidak lagi dalam barisan dan posisi semula. Kebanyakan peserta mencari tempat berteduh.

Hal ini membuat protokoler upacara dan Sekretaris Daerah (Sekda) Abdul Malik berkali-kali meminta peserta untuk kembali ke barisan dan posisi semula.

"Seluruh kepala dinas tolong tertibkan stafnya masing-masing. Itu bagian obade (paduan suara, red) segera berdiri semua," seru sekda berulang-ulang.

Peringatan berulang tersebut ternyata masih tidak bisa membuat peserta ASN bergeming. Malah ada sebagian yang berseru huuuuu.

Kondisi ini terjadi sampai sekitar 15 sampai 20 menit. Sampai akhirnya Rendra memberikan sambutannya.

"Saya malu dengan ketidakdisiplinan kalian terhadap tamu-tamu undangan. Jangan sampai kalian merasa yang kepanasan saja dan kami yang duduk di balkon tidak kepanasan," ujar Rendra.

Bahkan, Rendra menegaskan bahwa dia dan tamu undangan lebih kepanasan karena menghadap langsung matahari. "Sedangkan kalian membelakangi matahari," ucapnya.

Rendra juga mengatakan, sikap ASN seperti itu membuat dia langsung berbincang-bincang dengan Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko mengenai dukungan adanya pendanaan tahun 2017 untuk meningkatkan kedisiplinan ASN.

"Pak Hari menyepakatinya dan akan mendukung adanya dana untuk itu tahun depan," katamya. (*)

Pewarta : Nana
Editor : Lazuardi Firdaus
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES (JatimTimesNetwork)
Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top